Balangan Raih Penghargaan Kabupaten Peduli HAM

433
Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna Laoly (kanan) menyerahkan plakat penghargaan HAM kepada Bupati Balangan, H Ansharuddin (kiri) di Surakarta, Minggu (10/12/2017). Istimewa

KabarKalimantan, Paringin – Peringatan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) sedunia ke-69 tahun 2017 dipusatkan di Kota Surakarta, 10 Desember 2017 . Di sela acara nasional tersebut, Presiden Joko Widodo dan Kementerian Hukum dan HAM memberkan penghargaan kepada Kabupaten Balangan sebagai kabupaten/kota peduli HAM.

Bupati Balangan, H Ansharuddin, menerima langsung penghargaan tersebut. Prestasi kinclong ini merujuk Peraturan Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2016 tentangg Kriteria Kabupaten/Kota Peduli HAM.

Kabupaten Balangan termasuk Kabupaten Peduli HAM berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh kemenkumham RI. Kabupaten Balangan memenuhi delapan indikator wajib yang mencakup hak atas kesehatan, pendidikan, hak atas perempuan dan anak, hak atas kependudukan, hak atas pekerjaan, hak atas perumahan yang sehat, dan hak atas lingkungan yang berkelanjutan.

Adapun kriteria yang ditetapkan ada tiga, yaitu Kabupaten Peduli, cukup peduli, dan kurang peduli. Sehingga dengan demikian Kabupaten Balangan salah satu penerima pada kriteria paling tinggi.

Baca Juga :   Buruan Ikut! Dinkes Balangan Gelar Lomba Poster Kesehatan

Bupati Balangan H Ansharuddin yang ditemui saat acara di Solo, menyampaikan penghargaan ini merupakan apresiasi Presiden Joko Widodo kepada masyarakat dan Pemda Balangan. Mengutip hasil penilaian Kemenkumham, kata dia, Kabupaten Balangan telah memenuhi dan melaksanakan delapan indikator yang termaktub dalam Permenkumham 34 Tahun 2016.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat dan semua komponen yang telah berupaya untuk menciptakan Kabupaten Balangan yang Peduli HAM dan penghargaan ini kado Balangan diakhir tahun 2017” kata Ansharuddin tersenyum bangga.

Lebih lanjut Ansharuddin bertekad terus meningkatkan kepeduliannya terhadap HAM, karena dengan langkah ini mempercepat kemajuan daerah.

Sementara Menkumham RI dalam sambutannya mengucapkan selamat dan terima kasih kepada kabupaten /kota yang telah memperoleh predikat sebagian kabupaten peduli HAM. Semoga hal ini lebih memacu peningkatan kepada masyarakat untuk membangun bangsa dan negara.

Baca Juga :   Bupati Balangan Kunjungi Giat Lomba IFRC PT Adaro

Lebih jauh dia menyampaikan bahwa tahun 2017 terdapat 371 kabupaten dari 515 kabupaten / kota telah berpartisipasi menyampaikan dokumen dan data dalam capaian pemenuhan HAM.

Presiden RI Joko Widodo mengatakan bahwa pemenuhan HAM dalam berbangsa dan bernegara harus terus ditingkatkan. Selain hak hak sipil ,kita juga harus menjamin hak hak sosial, hak hak ekonomi dan hak hak kultural yang akan mempengaruhi hak hak politik warga negara.

Jokowi juga berharap para pemimpin daerah, politisi, pejabat dan pimpinan perusahaan agar memperhatikan dan melihat kebijakan nya dari pandangan masyarakat bawah. Jokowi mencontohkan untuk mewujudkan hal tersebut dia sering turun ke daerah melihat dan mendengar langsung aspirasi dari masyarakat dan jangan hanya berharap dari laporan bawahan.

Peringatan hari HAM se dunia itu juga dimeriahkan dengan ajang pameran dari berbagai propinsi, yang menarik adalah kehadiran “mandai krispy ” di stand pameran Propinsi Kalimantan Selatan dan sangat menjadi perhatian pengunjung serta laris manis dicicipi pengunjung. (Advetorial)

Baca Juga :   BNNK Balangan Bertekad Satukan Suara Perangi Narkoba

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here