Menu

Mode Gelap

Potret Warga · 7 Des 2017 17:34 WIB ·

Balangan Tanam 500 Bibit Pohon demi Revolusi Hijau


 Penanaman pohon di Kecamatan Paringin Selatan, Kamis (7/12/2017). Redkal.com Perbesar

Penanaman pohon di Kecamatan Paringin Selatan, Kamis (7/12/2017). Redkal.com

KabarKalimantan, Paringin – Dinas Kehutanan Kabupaten Balangan dan masyarakat setempat melakukan penanaman pohon dalam upaya mendukung gerakan revolusi hijau yang dicanangkan oleh Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor.

Penanaman pohon ini berlangsung di Kecamatan Paringin selatan, Kamis (07/12/2017). Pejabat yang hadir di antaranya Staf Ahli Pemkab Balangan, Halidi yang mewakili Bupati Balangan, Kepala Kesatuan Pengendalian Hutan Kabupaten Balangan, Fatliansyah dan perwakilan komunitas Lingkungan dan masyarakat.

Kepala Kesatuan Pengendalian Hutan Balangan, Fatliansyah menyampaikan gerakan ini menanam 500 pohon dengan sasaran tanam di kiri kanan jalan, sekolahan, dan areal perkantoran.

Baca Juga :   Jelang Tahun Baru Penjual Terompet Bermunculan

“Pohon yang kita tanam yakni pohon batang bibit produktif, seperti mangga, rambutan. Selain itu juga ada pohon trembesi, mahoni, jabon, glodokan, jengkol, petai dan flamboya,” ujar dia.

Dalam kegiatan revolusi hijau, pihaknya melibatkan ASN, anggota kepolisian, TNI, pihak perusahaan, dan komunitas masyarakat peduli lingkungan.

Gubernur Kalsel, Sabirin Noor dalam sambutan resminya, menyampaikan Revolusi Hijau ini merupakan Program kerja terukur di bidang kehutanan dengan melibatkan masyarakat secara langsung di tingkat pemerintah kabupaten/kota se-Kalsel, membuat program ini semakin dikenal masyarakat banua.

Baca Juga :   Pemkab Balangan Serahkan Bonus Atlet Peraih Medali di Porprov X Tabalong

“Mari kita terus galakkan gerakan revolusi hijau dengan menanam, menanam dan terus menanam demi anak cucu kita,” kata Sahbirin Noor.

Program revolusi hijau tidak lepas dari kondisi Kalsel saat ini dengan luas lahan kritis mencapai 640.709 hektar. Untuk menanggulangi lahan kritis, Gubernur menargetkan revolusi hijau di luasan lahan sebesar 59.000 hektar, yang terdiri dari wilayah hutan tanaman industri, hutan lindung, hutan produksi, dan hutan di luar kawasan yang dikelola Dinas Kehutanan Kalsel.

Baca Juga :   Sejak Dibuka hingga Berakhir, Balangan Expo 2018 Berlangsung Meriah

Sambutan Bupati Balangan H Ansharuddin yang disampaikan oleh Staf Ahli Halidi mengungkapkan dukungannya atas program revolusi hijau ini yang dinilai mampu memperbaiki keadaan lingkungan agar lebih hijau.

“Tanam , jaga dan pelihara tanaman yang sudah kita tanam agar nanti bisa dinikmati oleh anak cucu kita,” ucap Halidi.

F. M HIDAYATULLAH

Artikel ini telah dibaca 7 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Euforia Film Pangeran Antasari

4 Januari 2018 - 12:41 WIB

Model Banjarmasin Siap Bersaing di Kancah Internasional

31 Desember 2017 - 14:45 WIB

Keluarga Pensiunan TNI AL Menuntut Sertifikat Tanah

21 Desember 2017 - 22:56 WIB

Begini Nasib Wanita Korban Pernikahan Dini Asal Tapin

17 Desember 2017 - 21:09 WIB

Banjarmasin Pecahkan Rekor Dunia Makan Ipau Terbanyak

17 Desember 2017 - 21:00 WIB

Kapolda Kalsel Ingatkan Polisi Teladani Sifat Rasulullah

8 Desember 2017 - 14:48 WIB

Trending di Potret Warga