Bangkitkan Semangat Pemuda Melalui Lomba Dayung

11

KabarKalimantan, Banjarmasin – Dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Sumpah Pemuda, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan menggelar lomba dayung perahu naga/jukung tradisional di Sungai Martapura, Siring 0 Km Banjarmasin, Minggu (27/10/2019).

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Selatan, Hermansyah mengatakan, selain untuk memeriahkan Hari Sumpah Pemuda, kegiatan ini juga bertujuan untuk membangkitkan semangat pemuda Banua.

“Melalui lomba dayung ini kita dapat melihat bahwa ketika bersatu mendayung dengan satu tujuan tentu perahunya akan maju sehingga sejalan dengan semangat tersebut,” kata Hermansyah.

Ia menuturkan, lomba dayung ini adalah olahraga orang Banua yang telah banyak menorehkan prestasi.

Herman berharap, kegiatan kali ini menjadi pemacu tim dayung Kalsel agar dapat kembali meraih prestasi pada PON 2020 mendatang.

“Ke depan, kami akan kumpulkan pengurus dayung di Kalsel, agar dayung kembali menjadi olahraga utama di kalsel. Paman Birin juga meminta membikin perahu naga yang akan diadakan lomba tingkat nasional di kalsel,” ucapnya.

Sementara itu, Gubernur Kalimantan Selayan, H Sahbirin Noor yang diwakili Asisten III Heriansyah dalam sambutan tertulis mengatakan, lomba ini bukan sekadar lomba. Namun sebagai wahana bagi masyarakat dalam mengembalikan budaya perahu naga.

“Perahu/jukung merupakan salahsatu identitas budaya sungai Banua,” kata Heriansyah.

Ia berharap, melalui kegiatan ini Kalimantan Selatan juga menghasilkan bibit-bibit atlet dayung yang dapat berdaya saing di tingkat nasional ataupun internasional.

“Untuk itu, mari menjunjung sportivitas agar perlombaan berjalan dengan baik dan lancar,” pungkasnya.

Reporter: Syahri Ramadhan

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here