Banjarbaru Punya Rumah Data Kependudukan

105
Ketua TP PKK Kota Banjarbaru Hj Ririen Nadjmi Adhani, Kepala Disdalduk KB PMP PA Kota Banjarbaru Ir Hj Puspa, dan Wawali Banjarbaru Dharmawan Jaya saat peresmian Rumah Data Kependudukan, Kamis (11/1/2018). Istimewa

KabarKalimantan, Banjarbaru – Pemerintah Kota Banjarbaru meresmikan Rumah Data Kependudukan di Kampung KB Jalan Ramania, Kelurahan Loktabat Utara, Banjarbaru, Kamis (11/1/2018).

Peresmian itu turut dihadiri oleh Wakil Walikota Banjarbaru H Darmawan Jaya Setiawan didampingi Ketua TP PKK Kota Banjarbaru Hj Ririen Nadjmi Adhani, Ketua DWP Kota Banjarbaru hj Syarifah Mariatul Said Abdullah, dan Kepala Disdalduk KB PMP dan PA Kota Banjarbaru Ir Hj Puspa Kencana.

Wakil Walikota Banjarbaru H Darmawan Jaya Setiawan mengatakan rumah data kependukan berfungsi sebagai pusat data dan intervensi permasalahan kependudukan yang mencakup sistem pengelolaan dan pemanfaatan data kependudukan di tingkat mikro, mulai dari mengidentifikasi, mengumpulkan, memverifikasi, dan memanfaatkan data kependudukan.

Data ini bersumber dari, oleh, dan untuk masyarakat sebagai basis intervensi pembangunan di Kampung KB dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat. Berdasarkan petunjuk teknis Kampung KB, ia menuturkan ada salah satu prasayarat wajib pembentukan Kampung KB, yakni ketersediaan data dan informasi kependudukan yang akurat.

Baca Juga :   Banjarmasin Punya Rumah Data Kependudukan, Ini Fungsinya

“Dari sinilah rumah data kependudukan dibentuk agar semua data kependudukan di Kampung KB berada di satu pintu, yaitu rumah data kependudukan,” ujar Dharmawan Jaya di sela peresmian.

Menurut dia, ada empat tujuan yang ingin dicapai melalui pembentukan rumah data kependudukan. Pertama, Pemkot Banjarbaru ingin meningkatkan kepedulian dan peran serta masyarakat dan mitra kerja dalam pengelolaan data kependudukan level mikro di Kampung KB. Kedua, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya data dan informasi untuk peningkatan pengetahuan, sikap dan perilaku yang berwawasan kependudukan.

Kemudian tujuan ketiga, untuk meningkatkan sinergitas komponen badan kependudukan dan keluarga berencana nasional dan mitra kerja dalam penyediaan dan pemanfaatan data dan informasi untuk intervensi berbagai permasalahan kependudukan,KB , pembangunan keluarga ataupun pembangunan sektor lainnya. Keempat, Dharmawan ingin meningkatkan modal sosial, wahana belajar dan berinteraksi masyarakat melalui media data, modul-modul, buku-buku bacaan dan atau melalui penggunaan jaringan internet di Kampung KB.

Baca Juga :   Banjarmasin Punya Rumah Data Kependudukan, Ini Fungsinya

“Sejalan dengan tujuan pembentukannya, terdapat tiga fungsi utama rumah data kependudukan, yakni sebagai pusat data dan informasi, sebagai pusat intervensi permasalahan kependudukan, KB dan pembangunan keluarga, serta sebagai pusat integrasi aktifitas Kampung KB,” ujar dia.

Perwakilan BKKBN Provinsi Kalsel menyampaikan bahwa secara umum, tujuan dibentuknya Kampung KB untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau yang setara melalui program KKBPK serta pembangunan sektor terkait lainnya dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas.

Sedangkan secara khusus, Kampung KB dibentuk untuk meningkatkan peran serta pemerintah, lembaga non pemerintah dan swasta dalam memfasilitasi, mendampingi dan membina masyarakat menyelenggarakan program KKBPK, pembangunan sektor terkait, dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pembangunan berwawasan kependudukan.

Melalui kampung data, masyarakat bisa mengetahui segala hal kepemilikan data karena sangatlah penting. “Sebuah data yang dimiliki dapat digunakan untuk mengidentifikasi masalah seperti adanya anak yang belum mempunyai akte kelahiran serta banyaknya pengangguran, keluarga yang kurang mampu bisa dilihat dari data yang dimiliki oleh rumah data kependudukan,” ujar perwakilan BKKBN Kalsel.

Baca Juga :   Banjarmasin Punya Rumah Data Kependudukan, Ini Fungsinya

Menurut dia, pencatatan dan pengumpulan data kependudukan sangat diperlukan karena menjadi dasar pengambilan keputusan pembangunan. Sehingga pembangunan bisa dirasakan manfaatnya bagi masyarakatnya.

Di sela peresmian, Pemkot Banjarbaru turut menyerahkan bantuan bibit tanaman untuk masing-masing Kampung KB yang ada di Kota Banjarbaru.

DP

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here