Ming. Mar 7th, 2021

Banjir di Kalsel, Status Siaga Darurat Meningkat Jadi Tanggap Darurat

2 min read

KabarKalimantan, Banjarmasin – Banjir yang melanda hampir seluruh Provinsi Kalimantan Selatan ditambah dengan intensitas hujan yang terus turun menjadikan peningkatan status bencana dari status siaga darurat menjadi tanggap darurat.

Keputusan tersebut tertuang melalui Surat Pernyataan Nomor :360/038/Bpbd/2021 tanggal 14 Januari 2021, oleh Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor.

Dalam surat tersebut, gubenur yang akrab disapa Paman Birin ini menyatakan, berdasarkan hasil laporan kejadian bencana di 13 kabupaten/kota yang memiliki risiko tinggi terhadap banjir, tanah longsor, angin puting beliung dan gelombang pasang dikhawatirkan akan berdampak pada terganggunya aktivitas ekonomi, sosial dan kesehatan masyarakat di 13 kabupaten/kota tersebut.

“Sehubungan dengan hal tersebut, saya atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dengan ini menyatakan bahwa kejadian dimaksud sebagai bencana alam dengan ini menetapkan dan meningkatkan status siaga darurat menjadi siaga tanggap darurat di Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2021,” katanya dalam surat pernyataan tersebut.

Ia juga mengimbau, dengan dikeluarkannya surat tersebut pihak-pihak terkait kebencanaan segera melakukan langkah-langkah nyata untuk penanggulangan bencana yang dikoordinir oleh BPBD Kalsel dan Ia juga telah menginstruksikan seluruh unsur SKPD Pemerintah Provinsi untuk mengerahkan semua sumber daya yang ada untuk membantu masyarakat terdampak banjir.

“Kerahkan semua sumber daya yang kita miliki untuk membantu rakyat. Jangan sampai ada masyarakat yang tercecer dari perhatian pemerintah,” ucapnya.

Saat ini, SKPD Pemprov Kalsel turun langsung ke lokasi-lokasi terdampak banjir dengan memberikan berbagai bantuan sesuai bidang dan kemampuannya masing-masing.

Paman Birin berharap, bencana ini akan segera berakhir, agar aktivitas warga kembali normal. “Mudah-mudahan segera surut agar kita dapat kembali beraktivitas seperti sedia kala,” pungkas Paman Birin.

Musibah banjir ini mengakibatkan puluhan ribu rumah terendam air dan puluhan ribu orang harus mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Reporter: Syahri Ramadhan
Editor: Suhaimi Hidayat
Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.