Sen. Jul 6th, 2020

Banjir di Wilayah Kecamatan Satui Sudah Berangsur Surut

1 min read

KabarKalimantan, Batulicin – Bencana banjir yang melanda pemukiman warga di Kecamatan Satui, Kabupaten Tanah Bumbu sejak Sabtu (20/6/2020) sudah mulai berangsur surut.

Namun, selang beberapa hari genangan air tersebut sempat melumpuhkan aktivitas warga setempat yang bermukim di daerah bantaran sungai.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu Eryanto Rais mengatakan, dalam beberapa hari air menggenang pemukiman warga itu pihaknya menerjunkan personil menggunakan perahu karet untuk mengevakuasi sejumlah warga desa yang terjebak banjir.

“Selain mengevakuasi warga, kami juga menyalurkan bantuan logistik berupa beras, mie instan, minyak goreng, ikan kaleng serta sembako lainnya,” ujarnya, Selasa (23/6/2020).

Kendati air sudah mulai surut, lanjut Eryanto, pihaknya tetap mendirikan satu Posko dapur umum untuk warga terdampak banjir yang berlokasi di kantor Koramil Satui. “Pihak Desa Sinar Bulan juga turut membantu menyiapkan lokasi pengungsian warga, yakni di SMPN 1 Kecamatan Satui,” terangnya.

Eryanto membeberkan, ada tujuh desa yang terdampak banjir tersebut, yaitu Desa Sinar Bulan, Satui Timur, Satui Barat, Jombang, Makmur Mulia, Desa Dejahtera Mulia dan Desa Sungai Danau.

“Alhamdulillah, hari ini banjir yang melanda tujuh desa itu sudah berangsur surut. Kini kedalaman air hanya mencapai lutut kaki orang dewasa. Saya minta warga tetap waspada, karena curah hujan masih tinggi,” jelasnya.

Reporter: Slamet Riadi
Editor: Suhaimi Hidayat
Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.