Banjir Setinggi Pinggang Orang Dewasa Tenggelamkan Tiga Desa di Kecamatan Batulicin

276

KabarKalimantan, Batulicin – Curah hujan cukup tinggi yang mengguyur wilayah Kabupaten Tanah Bumbu sepekan terakhir ini menyebabkan tiga desa yakni, Desa Maju Bersama, Kusambi dan Suka Maju terendam banjir.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu Hamaludin mengatakan, saat ini pihaknya sudah mendirikan posko korban bencana banjir bagi warga tiga desa tersebut.

“Selain itu, tim penanggulangan bencana banjir yang terdiri dari anggota BPBD, TNI AL, Dinsos dan Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Bumbu juga selalu siaga,” kata Hamaluddin, Kamis (5/7/2018).

Bukan hanya itu, tambah Hamaluddin, pihaknya juga mulai bergerak menyalurkan bantuan makanan dan air mineral kepada warga korban banjir. “Kami belum bisa memberikan bantuan secara maksimal karena sejumlah warga belum mengungsi ke tenda-tenda posko yang telah disediakan,” terangnya.

Salah satu warga Desa Suka Maju Aminah (80) sangat menyayangkan lambannya saluran bantuan yang diberikan pemerintah daerah sementara warga mulai kehabisan stok sembako.

Baca Juga :   162 Peserta Berlomba di MTQ Batulicin

Terpisah, PLT Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Akhmad Syarwani saat dihubunggi menjelaskan, saat ini pihaknya akan mengkaji ulang penyebab utama terjandinya bencana banjir tersebut.

“Ke depannya kami akan berusaha menganggarkan dana proyek untuk pembangunan saluran pembuangan air ke arah laut atau ke arah titik yang paling terendah, agar nantinya tak akan terjadi lagi banjir,” pungkasnya.

Slamet Riadi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here