Sen. Mar 8th, 2021

Bank Kalsel Kotabaru Buka KCP Lontar

2 min read

KabarKalimantan, Kotabaru – Pemerintah desa di wilayah kepulauan dan sekitarnya di Kabupaten Kotabaru kini lebih mudah untuk mencairkan dana desa.

Pasalnya, Pemerintah Kabupaten Kotabaru telah membuka Bank Kalsel Kantor Cabang Pembantu (KCP) Lontar di Jalan Poros Lontar Kecamatan Pulau Laut Barat.

“Jadi, kepala desa tak perlu lagi ke ibukota kabupaten untuk melakukan pencairan dana. Bisa di Bank Kalsel KCP Lontar ini. Beberapa kecamatan di sekitar Pulau Laut Barat juga bisa ke sini,” kata Sekretaris Daerah Kotabaru H Said Akhmad saat peresmian Bank Kalsel KCP Lontar, Kamis (21/1/2021).

Tak hanya itu, tambahnya, adanya KCP ini turut memudahkan para pegawai pemerintah di daerah pelosok untuk menarik gaji mereka.

Seperti diungkapkan Camat Pulau Laut Barat Suwardy, selama ini gaji yang masuk ke rekening Bank Kalsel harus ditransfer dulu ke bank lain yang ada di wilayahnya. “Keberadaan KCP ini tentu akan bermanfaat bagi kami,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bank Kalsel Kantor Cabang Kotabaru Muhammad Yamin mengatakan, pembukaan KCP Lontar memang dimaksudkan untuk meningkatkan pelayanan kepada nasabah di 40 desa di 5 kecamatan, yakni Pulau Laut Barat, Pulau Laut Selatan, Pulau Laut Kepulauan, Pulau Laut Tanjung Selayar, dan Pulau Sembilan.

“Transaksi nontunai maupun penarikan dana desa juga bisa dilakukan di KCP, tidak perlu jauh-jauh ke kota,” katanya.

Hingga akhir tahun 2020, aset Bank Kalsel Kantor Cabang Kotabaru tercatat senilai Rp 472 miliar dan dana pihak ketiga yang berhasil dihimpun sebesar Rp 332 miliar. Sedangkan kredit yang disalurkan mencapai Rp 427 miliar atau lebih besar dari dana yang dihimpun.

“Di tengah pandemi, OJK menyatakan Bank Kalsel sehat dan peringkat komposit naik dari 3 menjadi 2, jadi jangan khawatir menempatkan uang di Bank Kalsel,” kata Yamin.

Reporter: Ardiansyah
Editor: Suhaimi Hidayat
Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may have missed

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.