Sen. Mar 8th, 2021

Bantuan UMKM Mulai Dikucurkan, Dinas Koperasi Usaha Kecil, Mikro dan Perindustrian Balangan Mulai Buka Pendataan

1 min read

KabarKalimantan, Paringin – Sejak pertengahan Oktober lalu, Dinas Koperasi Usaha Kecil, Mikro dan Perindustrian Kabupaten Balangan membuka pendaftaran Bantuan Presiden Produktif Usaha Mikro (BPUM).

Pada tahap dua ini, pendaftaran masih dibuka hingga November mendatang. Tak ayal, setiap harinya puluhan masyarakat mendatangi kantor tersebut untuk mendaftarkan UMKM mereka.

Kepala Bidang Koperasi UMKM Dinas Koperasi Usaha Kecil, Mikro dan Perindustrian Kabupaten Balangan Hairani menerangkan, ada beberapa persyaratan yang harus dilengkapi oleh pemilik UMKM untuk mendapatkan bantuan tersebut.

Diantaranya, jelasnya, mereka harus membawa berkas berisikan fotokopi KTP, fotokopi KK dan surat keterangan usaha dari desa. Selain itu pemilik UMKM bukan berlatar belakang TNI, Polri, ASN atau pegawai BUMD dan BUMN.

Tak habis di situ, syarat lainnya, pemilik UMKM tersebut juga tidak memiliki tabungan di bank lebih dari Rp 2 juta, serta tidak ada pinjaman pada bank.

“Syarat itu harus dipenuhi oleh pendaftar. Kemudian kami juga akan melakukan seleksi dan menyerahkann berkasnya kepada pihak provinsi dan diteruskan ke pemerintah pusat,” ucap Hairani, Senin (26/10/2020).

Dalam proses verifikasi atau penentuan UMKM yang layak dapat bantuan ini, ucap Hairani, langsung dilakukan oleh pemerintah pusat. Pihaknya hanya berhak untuk pengajuan usulan data dari kabupaten.

Terlepas dari itu, Hairani mengingatkan agar masyarakat yang datang harus mentaati protokol kesehatan. Ia tidak ingin ke depan ada kelompok baru Covid-19 karena pendaftaran yang membuat kerumunan.

Untuk diketahui, saat ini BPUM tahap satu sudah dibagikan. Nilai bantuan yang diterima mencapai Rp 2.400.000 dan dicairkan melalui Bank BRI.(advertorial)

Reporter: FM Hidayatullah
Editor: Suhaimi Hidayat
Penangbungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.