Banua Local Pride (BLP) Andil dalam Bazar UMKM sebagai Edukasi

1372

KabarKalimantan, Banjarbaru –  Sekumpulan anak muda yang bergelut dalam industri clothing turut serta dalam Bazar UMKM yang dilaksanakan Pemko Banjarbaru beserta Mahakarya Banjarbaru di Lapangan Murjani Kota Banjarbaru.

Pada permulaannya, beberpa penggerak clothing local Kalimantan tersebut cukup rutin mengikuti berbagai event yang dibawa dari luar Kalsel. Berangsur-angsur mereka semakin menyolidkan visi dan misi untuk sama-sama maju dalam industri kreatif “Clothing Line” lokal dan menamakan pergerakan tersebut dengan nama Banua Local Pride.

Haji Azi Miradzi sebagai pendiri brand MRDZ menyebutkan, berdirinya perkumpulan atau komunitas tersebut sebagai wujud nyata untuk saling mendukung dan maju bersama sebagai sesama pengusaha di bidang fashion.

“Yang penting, betul-betul dari lokal. Kita ingin semua saling support dan memberikan edukasi ke masyarakat yang lebih luas lagi betapa pentingnya untuk membeli produk lokal sebagai kemajuan ekonomi daerah dan penghidupan para pelaku usahanya. Kita tidak mempermasalahkan brand tersebut sudah lama atau tema-temanya banyak berbeda. Yang penting asli dari lokal Banua. Banyak juga setelah pergerakan ini terbentuk kawan-kawan mulai dengan brand baru. Kita sama-sama mendorong agar komunitas ini tak hanya dikenal eksistensinya tetapi juga kelak kita mampu bisa bikin event khusus clothing secara mandiri,” inginnya.

Ada lebih dari 20 brand local yang asli Banua terlibat dalam gelaran tersebut. Di antaranya: Blob, Minorityunit, Khalifah Streetwear, DeadDevil, Beast Club, Furze, Zent4, Antipop, Ethnix, Male’s Store, Ninty Vibrate, Mrdz, Little Dreamer, Droom Winkel, Earf, Sunday Chips, Ftrse, Dimension, Rupaka, Tblgh, Your Heritage, Enviture, dan masih banyak lagi.

“Sembari berjualan kita juga sharing dengan kawan-kawan tentang proses produksi. Juga pada bagian marketing. Tidak sedikit di antara kawan-kawan yang sudah lama berkecimpung punya store sendiri. Sebagian lagi jual titip ke distro kawan-kawan yang lain. Kita mengharapkan ini menjadi upaya kolektif untuk memajukan brand local Banua yang kita banggakan,” harapnya.

Sejumlah produk yang dipasarkan dalam Banua Local Pride yakni Kaos, topi, tas, papan selancar, sepatu, aksesoris, sepatu, dan produk fashion lainnya. Bazar UMKM masih terus berlangsung sampai hari Minggu. Ayo datang, jangan kelewatan, ya!

Reporter: Ananda

Editor: Suhaimi Hidayat

PEnanggungjawab: M Ridha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here