Menu

Mode Gelap

Nasional · 24 Nov 2021 18:40 WIB ·

Bappenas Nilai Pembangunan Bendungan Kusan Sangat Prospek 


 Bappenas Nilai Pembangunan Bendungan Kusan Sangat Prospek  Perbesar

KabarKalimantan, Jakarta – Upaya mewujudkan pembangunan Bendungan Kusan, Bupati Kabupaten Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar melaksanakan kunjungan kerja (Kunker) ke Kantor Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Jakarta, Rabu (24/11/2021) siang.

Dalam rapat pembahasan proyek Bendungan Kusan itu, Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar tak sendirian. Ia didampingi Sekretaris Daerah H Ambo Sakka, anggota DPRD Tanbu dari Fraksi PKB H Hasanuddin dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Tanbu Andi Anwar.

Baca Juga :   Antisipasi Penyebaran Covid-19, Satlantas Polres Tanbu Gelar Operasi Keselamatan 2020

Direktur Pengairan dan Irigasi Kementerian Bappenas Abdul Malik menilai, proyek pembangunan Bendungan Kusan yang diusulkan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu itu sangat prospek, dan sangat strategis dalam hal mengatasi sejumlah masalah banjir yang kerap terjadi di daerah setempat dan sekitarnya.

“Selain untuk mengatasi banjir, kami menilai proyek pembangunan Bendungan Kusan ini juga sangat bermanfaat untuk irigasi lahan pertanian, bahkan juga dapat dijadikan untuk Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA),” ungkap Malik.

Baca Juga :   Banjarmasin Siaga Bencana 2021

Menurutnya, pembangunan Bendungan Kusan di Kabupaten Tanah Bumbu ini memang menjadi satu kebutuhan yang sangat mendasar bagi masyarakat setempat, dan berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat.

“Menindaklanjuti usulan ini, kami akan melaksanakan rapat bersama Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR,” ungkap Malik.

Sementara itu, Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar mengatakan, pembangunan Bendungan Kusan yang diusulkan ini merupakan salah satu keinginan masyarakat.

Dikatakannya, Pemerintah Kabupaten Tanbu sudah mempersiapkan lahan  seluas 2.000 hektare. Sementara untuk sejumlah pemukiman masyarakat yang sering terdampak banjir di tempat itu akan direlokasi ke tempat yang lebih aman dari terjangan banjir.

Baca Juga :   Sayed Jafar Berharap Kepengurusan Dekranasda Anyar Mampu Kembangkan Ekonomi Kreatif

“Semoga pada 2022 mendatang, usulan pembangunan bendungan ini disetujui pemerintah pusat melalui dana APBN sebesar Rp 2,9 triliun,” harapnya.

Perlu diketahui, pembangunan Bendungan Kusan ini diusulkan mengingat setiap tahun terjadi banjir di Kusan Hulu dan setidaknya 480 hektar lahan pertanian warga terendam hingga mengalami gagal panen.

Artikel ini telah dibaca 187 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Kementerian PUPR Nilai, Pembangunan Bendungan Kusan Layak Masuk Tahapan Perencanaan

28 November 2021 - 21:41 WIB

Ini yang Dilakukan Satgas Covid-19 Tanbu hingga Mampu Turunkan Level PPKM

23 November 2021 - 21:05 WIB

Babat Aktivitas Penambangan Batubara Ilegal di Tanbu, Dua WN Tiongkok Diamankan

23 November 2021 - 13:13 WIB

Pemkab Tanbu Turut Peringati HMPI dengan Tanam Pohon

23 November 2021 - 13:11 WIB

Zairullah Minta SKPD Bekerja Lebih Profesional dalam Jalankan RAPBD Tahun 2022

20 November 2021 - 08:30 WIB

Bupati Zairullah Pimpin Rakor Antisipasi Potensi Bencana

19 November 2021 - 22:36 WIB

Trending di Tanah Bumbu