Barito Naik ke Posisi 4, PSIS Masih di Zona Degradasi

334
Sumber Foto ; PT Liga Indonesia Baru (LIB)

KabarKalimantan, Banjarmasin – Barito Putera meraih hasil meyakinkan dengan menggilas PSIS Semarang dengan skor 4-1 dalam laga pekan kedelapan Gojek Liga 1 Bersama Bukalapak di Stadion 17 Mei Banjarmasin, Sabtu (12/5/2018).

Bermain di hadapan 5.300 penonton, Laskar Antasari langsung tancap gas. Skuad suhan Jacksen F Tiago mampu mencetak gol cepat lewat sontekan Samsul Arif pada menit ke-9.

Usai mampu mengoyak gawang PSIS yang dikawal Jandia Eka Putra, Barito malam tampil tertekan. Rizky Pora dkk seakan kehilangan konsentrasi karena tekanan yang diberikan PSIS yang mencoba mengejar ketertinggalan. Namun beruntung, kepiawaian Adhitya Harlan di bawah mistar gawang mampu menahan Barito dari kebobolan hingga paruh pertama usai.

Memasuki babak kedua, lagi-lagi Barito unggul cepat. Bahkan, gol yang tercipta pada menit ke-47 itu pun lewat kaki Samsul Arif yang mengakhiri puasa golnya selama pekan ketujuh Liga 1 bergulir.

Enam menit berselang, atau tepatnya pada menit ke-52, Barito kembali menmbah pundi-pundi kemenangannya. Petar Planic memberikan hadiah gol kepada Barito. Dia melakukan bunuh dini karena salah mengantisipasi sepakan mendatar Rizki Pora.

Unggul tiga gol, Barito seakan terlena. Itu terlihat dari penguasaan bola yang jauh lebih kecil dari PSIS. Alhasil, PSIS mampu memperkecil ketinggalan menjadi 1-3. Ibrahim Conteh menyumbang satu-satunya gol buat tim kesayangan publik Semarang pada menit ke-60.

Tapi pada injury time, atau tepatnya menit 90+2, Barito mampu mencetak gol keempat mereka. Rizki Pora menyempurnakan kemenangan timnya menjadi 4-1.

Pelatih Barito Putera Jacksen F Tiago mengaku senang denga kemenangan besar tersebut. “Kami bersyukur, hasil ini berkat kerja keras anak-anak yang bertekad untuk merebut kemenangan di setiap laga kandang,” katanya.

Ditanya soal kelonggaran timnya dalam penguasaan bola, Jacksen mengaku memang sengaja sebagai strategi membaca permainan lawan. “Namun, babak kedua kami langsung berbenah. Hasilnya memuaskan, kami sukses menambah tiga gol untuk menyempurnakan kemenangan,” ucapnya.

Sementara itu, Samsul Arif juga merasa senang dengan ‘pecah telurnya’ pada pertandingan tersebut. “Saya ucapkan terimakasih kepada tim pelatih yang selalu menyuport saya. Sejauh ini, tim pelatih dan rekan-rekan selalu mendukung dan mendorong saya untuk mencetak gol,” tandasnya.

Di kubu lawan, Pelatih PSIS Semarang Vincenzo Alberto Annese mengakui penampilan Barito memang jauh lebih baik ketimbang timnya di laga ini. Ia tak menampik, Barito mempunyai pemain sayap yang punya kecepatan hingga pemain bertahannya kewalahan.

“Mereka bermain rapi, dari bertahan hingga melakukan serangan balik mereka sempurna. Hasilnya, ya mereka menang. tapi, saya tetap mengapresiasi kerja keras pemain saya. Mereka sudah bermain bagus. Hanya saja, kami tak beruntung,” ucapnya.

Tambahan tiga poin ini, membawa Barito berada di posisi empat klasemen sementara dengan raihan 13 poin. Mereka hanya kalah selisih gol dari Madura United dan PSM Makassar yang ada di peringkat dua dan tiga.

Sedangkan PSIS, kekalahan ini membuat mereka belum bisa beranjak dari zona merah. Laskar Mahesa Jenar terpaku di posisi 17 dengan koleksi delapan poin.

SUHAIMI HIDAYAT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here