Batola Raih Penghargaan Pengelolaan DAK dan Dana Desa Terbaik di Kalsel

19

KabarKalimantan, Marabahan – Pemerintah Daerah Barito Kuala mendapatkan penghargaan dalam pengelolaan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik dan Dana Desa terbaik di Kalimantan Selatan.

Penghargaan yang diserahkan Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor kepada Wakil Bupati Batola H Rahmadian Noor dalam acara yang berlangsung di Auditorium KH Idham Chalid Banjarbaru, Perkantoran Pemprov Kalsel, Rabu (27/11/2019).

Penghargaan yang diterima kabupaten berjuluk Bumi Selidah ini merupakan apresiasi Kementerian Keuangan Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kantor Wilayah Provinsi Kalsel untuk kabupaten/kota yang telah mengelola dan melakukan pelaporan penggunaan DAK serta DanaDesa dengan baik.

Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor menyampaikan, penghargaan ini diberikan kepada daerah yang segera merealisasikan program dan kegiatan yang menggunakan APBN. “Sesuai pesan Presiden, pemerintah daerah harus segera merealisasikan program dan kegiatan agar dapat dirasakan masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Ditjen Perbendaharaan wilayah Provinsi Kalsel Usdek Rahyono menyatakan, realisasi pembelanjaan APBN Kalsel telah mencapai 75,5% atau sekitar Rp 7,42 triliun hingga 20 November 2019. Dengan rincian penyerapan APBN 2019 di Kalimantan Selatan adalah belanja pegawai Rp 3,08 triliun atau 90%, belanja barang Rp 3,16 triliun atau 73%, belanja modal Rp 1,16 triliun atau 57%, dan belanja bantuan sosial Rp 8,63 miliar atau mencapai 65%.

“Diperkirakan dalam 5 minggu penyerapan anggaran akan mencapai 90%, hal ini sudah sesuai dengan target,” beber Usdek.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Bupati Barito Kuala Rahmadian Noor selepas menerima penghargaan menyampaikan, Batola menjadi terbaik dalam pengelolaan DAK Fisik dan Dana Desa se-Kalsel karena matangnya persiapan pemerintah daerah pada awal tahun. Sehingga program dan kegiatan dapat segera terlesaikan dan pelaporan secara administrasi telah siap sejak awal tahun.

“Akhir tahun seperti ini, pengelola Dana Desa telah asistensi pelaporan ke Ditjen, bahkan telah pencairan DanaDesa 2020 tahap pertama,” terang Rahmadi.

Reporter: Mahmud Shalihin

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here