Rab. Mei 27th, 2020

Batola Satukan Kekuatan Cegah Covid-19

2 min read

KabarKalimantan, Marabahan – Guna mencegah merebaknya penyebaran Covid-19 di Kabupaten Barito Kuala, Pemkab Batola, Polres, seluruh Forkopimda, dan instansi terkait bersinergi melakukan penyemprotan cairan disinfektan, Selasa (31/3/2020).

Aksi serentak ini menerjunkan sejumlah armada, seperti mobil water cannon dari Polres Batola, mobil pemadam kebakaran milik pemerintah daerah, TNI, BPBD, Dinas Sosial, Dishub, Dinas Kesehatan, dan sejumlah BPK seperti Seman Fire, Nurul Iman, dan lainnya.

Armada-armada tersebut dikerahkan untuk melakukan penyemprotan cairan disinfektan di lokasi-lokasi yang mudah terjangkau, seperti jalan-jalan raya yang sering dilintasi masyarakat, tempat-tempat umum seperti terminal, kawasan lapangan sepakbola, hingga kawasan sekitar perkantoran di Marabahan.

Sementara tempat-tempat yang sulit terjangkau seperti tempat-tempat ibadah, kantor, tempat jualan, permukiman penduduk, hingga taman bermain, penyemprotan dilakukan secara manual dengan menggunakan alat semprot handsprayer dan lainnya.

Aksi serentak ini juga dipraktikkan Wakil Bupati H Rahmadian Noor dan para unsur forkopimda beserta jajaran dengan melakukan penyemprotan di sekitar kawasan umum seperti taman bermain Surya Lestari, Siring Wisata Marabahan, serta sejumlah fasilitas umum yang berada di Jalan Tugu Marabahan.

Wakil Bupati Batola H Rahmadian Noor mengatakan, penyemprotan disinfektan bersama ini merupakan aksi massal yang melibatkan pemerintah daerah, Polres, Kodim, Pengadilan, Kejaksaan, DPRD, BPK, para relawan, berbagai BPK dan masyarakat.

“Intinya, pada hari ini kita menyatukan segala kekuatan untuk mencegah penyebaran Covid-19 agar jangan sampai menjamah ke wilayah Kabupaten Barito Kuala,” katanya.

Selain menggelar aksi penyemprotan disinfektan massal, ungkap wabup, Tim Gugus Tugas Covid-19 Batola juga telah melaksanakan pemeriksaan bagi warga yang melintasi wilayah-wilayah perbatasan di antaranya Kecamatan Anjir Pasar–Kapuas, Kecamatan Tabukan–Kecamatan Kapuas Murung, Kecamatan Kuripan–Kalteng, dan Tamban.

“Mudah-mudahan, cara itu akan bisa mengantisipasi pencegahan terhadap kemungkinan penyebaran virus corona di wilayah kita ini,” harapnya.

Sementara itu, Kapolres Batola AKBP Bagus Suseno SIK menerangkan, aksi penyemprotan disinfektan serentak ini dilaksanakan dalam upaya memaksimalkan pencegahan kemungkinan terjadinya penyebaran Covid-19.

Selan di ibukota kabupaten, lanjut Bagus, aksi yang sama juga digelar secara serentak di polsek-polsek di seluruh kecamatan di wilayah Batola.

Dalam upaya meningkatkan kewaspadaan, tambah Bagus Suseno, pihaknya bersama Kodim 1005 Marabahan juga menerapkan patroli di masyarakat agar jangan sampai terjadi perkumpulan massa.

“Selama diberlakukan patroli, petugas berupaya menghindarkan terjadinya perkumpulan massa, khususnya yang dinilai mengandung nilai manfaat,” paparnya.

Reporter: Mahmud Shalihin

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.