Belajar ‘Ngelapak’ Bersama Komunitas Bukalapak Banjarmasin

328

KabarKalimantan, Banjarmasin – Melihat antusiasme dan semangat yang tinggi menjadi pebisnis online di Banjarmasin, Komunitas Bukalapak Banjarmasin menyosialisasikan program belajar ngelapak bersama komunitas (BNBK), di Hotel Rodhita Banjarmasin, Sabtu (30/6/2018) malam.

Head Of Community Management Bukalapak Muhammad Fikri mengatakan, berdasarkan potensi pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM), Kota Banjarmasin terpilih menjadi penyelenggara program BNBK.

Pada kegiatan itu, ia sangat mengapresiasi peserta yang hadir di acara itu terdiri dari masyarakat umum setempat, baik yang sudah terjun menjadi pelaku UKM atau yang mulai ingin berbisnis.

“Kami bangga akan semangat dan antusiasme yang luar biasa dari masing-masing komunitas dalam merancang, menyiapkan dan menjalankan BNBK di Banjarmasin,” kata Fikri.

Ia mengungkapkan, rangkaian program BNBK ini mendapatkan dukungan dari mitra-mitra Bukalapak, yakni JNE dan Bank BRI. Keduanya akan terlibat dalam memberikan materi kepada para peserta BNBK.

Baca Juga :   Ini Alasan Aliansi Mahasiswa Kalsel Geruduk Gedung DPRD

“JNE sebagai mitra logistik, sedangkan BRI akan memperkenalkan fitur Indonesia Mall yang ada di aplikasi Bukalapak,” jelas Fikri.

Sementara itu disela kegiatan, Koordinator Lapangan Komunitas Bukalapak Banjarmasin Fajeri Hidayat menuturkan, berjualan online bukanlah sebuah pekerjaan atau perkara yang mudah, melainkan membutuhkan kesabaran yang tinggi serta keuletan agar bisa berhasil.

“Terlebih persaingan, baik di ranah online sendiri atau nyata cukuplah sengit. Sehingga orang yang bertahan itulah orang yang akan sukses,” ucapnya disela kegiatan ngelapak.

Ia menuturkan, pelapak juga harus selalu balas pesan dan diskusi produk secepatnya. Hal ini, katanya, kecepatan dalam merespon pertanyaan yang diajukan konsumen seperti fitur pesan atau diskusi produk itu harus dialukan.

“Kebanyakan penjual Bukalapak terkesan acuh, meski dikirim pesan atau diskusi produk tidak dibalas, ini jangan sampai terjadi,” katanya.

Fajeri menerangkan, berjualan di Bukalapak itu unik, karena sebagai penjual tidak akan dipungut biaya apapun atas transaksi yang terjadi. Ia juga memberikan beberapa tips untuk para penjual yang akan menaruh produk dagangannya di Bukalapak agar cepat dilirik para pembeli.

Baca Juga :   Pemkot Banjarmasin Dinilai Antipati terhadap Pengusaha Advertising

Misalnya, pelapak harus menggunakan foto yang berbeda agar mempunyai ciri produk tersendiri di antara pelapak yang lain, serta menarik calon pembeli dan selalu buka toko lebih awal.

“Status keaktifan toko harus update, jika dua minggu tidak update jelas akan membuat calon konsumen enggan berbelanja di toko pelapak walaupun harga yang ditawarkan murah,” pungkasnya.

Syahri Ramadhan

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here