Berdirinya Badan Pangan Nasional Tak akan Menggangu Forum Bulog

2 min read
1.236

KabarKalimantan, Banjarmasin – Perum Bulog Kalsel memastikan keberadaan Badan Pangan Nasional (BPN) yang rencananya akan dibentuk pemerintah pusat tidak akan menggangu tugas mereka sebagai pengendali harga dasar, serta pengelola stok pangan di daerah.

Kadivre Perum Bulog Kalsel Muhammad Imron Rosidi mengatakan, pembentukan Badan Pangan Nasional (BPN) itu masih wacana, dan pendiriannya pun tidak bisa serta merta asal membentuk dan menunjuk orang yang nantinya bertanggungjawab besar mengemban tugas menjaga regulator pangan di Indonesia.

Baca Juga :   Dugaan Pub Jadi Diskotek, Dewan akan Panggil Satpol PP Banjarmasin

“Selama belum ada yang memegang kendali atas BPN di pusat, Bulog masih tetap melakukan kegiatan menjaga harga dasar pembelian untuk gabah, stabilisasi harga khususnya harga pokok, menyalurkan beras untuk bantuan sosial (Bansos) dan pengelolaan stok pangan,” terangnya.

Namun begitu, Imron memastikan, apabila BPN nantinya sepenuhnya terbentuk dan fungsi regulator pangan ada di tangan mereka, Perum Bulog masih akan menjadi operator pengendali pangan itu sendiri di masing-masing wilayah kerjanya.

Perum Bulog sendiri nantinnya akan tetap berpedoman pada UU 18 tahun 2012 tentang Pangan yang mana disebutkan bahwa penyelenggaraan pangan dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia yang memberikan manfaat secara adil, merata, dan berkelanjutan berdasarkan kedaulatan pangan, kemandirian pangan, dan ketahanan pangan.

Baca Juga :   PBVSI Kalsel Gelar Dua Kejurprov Bersamaan

“UU nomor 18 tahun 2012 dengan jelas mengatur penyelanggaraan pangan tersebut. Dan, aturan tersebut yang masih jadi acuan kami sampai sekarang,” imbuhnya.

Imron menambahkan, fokus kerja utama mereka saat ini adalah memaksimalkan Lokus cakupan penyerapan publik service obligation (PSO) ataupun komersil, yang sudah menjadi salah satu agenda kerja utama mereka.

Baca Juga :   Kecewa Stadion 17 Mei Tak Masuk APBD Perubahan 2018, Komisi IV Minta Audiensi Gubernur

Untuk diketahui, Presiden Joko Widodo sebelumnya telah membentuk Badan Pangan Nasional melalui Peraturan Presiden nomor 66 tahun 2021. Badan Pangan Nasional sendiri merupakan mandat dari UU nomor 18 tahun 2012 tentang pangan.

Berdasarkan Perpres tersebut, Badan Pangan Nasional yang merupakan lembaga pemerintah yang bertanggung jawab pada presiden.

Reporter: Budi Setiawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *