Berikan Apresiasi, Wamenlu Nyanyi Bareng Grup Musik Panting Asal Banjarmasin

1701
Wakil Menteri Luar Negeri, Abdurrahman Mohammad Fachir foto bersama peserta Festival Budaya Banjar 2019

KabarKalimantan, Banjarmasin – Wakil Menteri Luar Negeri, Abdurrahman Mohammad Fachir memberikan apresiasi terhadap musik khas Kalimantan Selatan.

Dia menyempatkan diri untuk bernyanyi bersama grup musik panting Bina Banua Pendamai asal Banjarmasin, saat halal bihalal Kerukunan Bubuhan Banjar (KBB), di Museum Nasional, Jakarta, Sabtu (20/7/2019).

Fachri membaur bersama grup musik panting binaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banjarmasin itu, dengan menyanyikan dua buah lagu, berjudul Anak Pipit karya Hamiedan, dan Paris Barantai karya Anang Ardiansyah.

“Kasihani anak pipit ambili anak pipit jangan biarkan anak pipit dalam sengsara,” tutup nyanyian Fachri, disambut riuh tepuk tangan tamu undangan di rangkaian puncak acara Festival Budaya Banjar 2019 tersebut.

Lagu-lagu Banjar memang tak asing bagi Fachri. Wajar, dia juga merupakan warga Banua. Fachri lahir di Banjarmasin, 26 November 1957. Memorinya tentu diputar kembali. Suasana halal bihalal KBB seolah membuatnya berada di kampung halaman. 

Selain itu, Banjarmasin merupakan salah satu perwakilan dari 13 kabupaten/kota di Kalsel yang diundang untuk memeriahkan rangkaian puncak acara Festival Budaya Banjar 2019 dari 19-21 Juni.

Kabid Kebudayaan, Disbudpar Banjarmasin, Siti Fatimah Adam, mengemukakan, keikutsertaan Banjarmasin merupakan sebagai bentuk kepedulian Pemkot Banjarmasin terhadap khasanah budaya yang dimiliki kota berjuluk seribu sungai ini.

Dia juga mengatakan, keterlibatan mereka juga sangat diperlukan sebagai ajang promosi wisata yang dimiliki. “Salah satunya replika Pasar Tarapung yang disajikan di festival ini adanya di Banjarmasin,” ujarnya.

Fatimah berharap, Festival Budaya Banjar 2019 ini bisa memberikan feedback agar kunjungan wisatawan bisa meningkat kedepannya.

“Tentunya sangat bersyukur sekali bisa terlibat di acara besar ini. Semoga, kebudayaan Kalsel, khususnya Banjarmasin bisa dikenal luas, dan kunjungan wisatawan bisa terus meningkat,” harapnya.

Reporter: M Syahbani

Baca Juga :   Porprov X, Semua Atlet Anggar Banjarmasin Raih Medali

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here