Menu

Mode Gelap

Politik · 7 Jul 2017 10:07 WIB ·

Beringin Cenderung Usung Petahana?


 Beringin Cenderung Usung Petahana? Perbesar

Deretan nama-nama calon petahana atau bupati yang kini menjabat di Kabupaten Tapin, Tanah Laut, Hulu Sungai Selatan (HSS), dan Tabalong menggelar suksesi 2018. Sepertinya bakal calon petahan jadi pilihan.

Wartawan Smara Aqdimul Azmi

HASIL seleksi DPD Partai Golkar Kalsel terungkap nominator bakal calon kepala daerah empat kabupaten di Kalsel. Hasil seleksi itu termuat dalam surat ke DPP Partai Golkar di Jakarta. Dalam surat bernomor A-015/GOLKAR-KS/VII/2017 tertanggal 1 Juli 2017 itu, memuat laporan hasil pendaftaran bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah untuk pilkada serentak 2018.
Di sana terungkap data para nomitor bakal jago parpol pemenang Pemilu 2014 di Kalsel ini. Mengacu pada petunjuk pelaksana DPP Partai Golkar bernomor 06/DPP/GOLKAR/VI/2016, diteken Ketua DPD Partai Golkar Kalsel H Sahbirin Noor dan Wakil Sekretaris Khalikin Noor, terlihat Beringin agaknya menjagokan calon-calon petahana.
Pasalnya, mereka ditempatkan di urutan teratas, seperti bakal calon Kabupaten Tapin ada nama HM Arifin Arpan. Ia hanya disaingi seorang pengusaha bernama H Syafruddin. Untuk Pilkada Hulu Sungai Selatan, nama H Achmad Fikry berada di urutan teratas. Nama ini disusul H Arifin Noor, Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Provinsi Kalsel. Di posisi calon wakil bupati, tertulis nama Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD HSS Muhlis Ridhani, dan Ketua Pemuda Pancasila HSS, H Yophie Alfani, yang bersaing tiket suksesi 2018.
Untuk suksesi Tabalong 1, dan 2, nama H Anang Syakhfiani diletakkan di urutan pertama. Nama Anang disusul pengusaha Hj Noor Farida, dan Wakil Bupati Tabalong saat ini H Zony Alfianoor. Masih di Tabalong nama H Noorhasani yang berlatar belakang pengusaha, juga menghiasi usulan di surat DPD Partai Golkar Kalsel itu.
Sedangkan, sebagai pendamping, Partai Golkar Kalsel merekomendasikan nama H Mawardi, Ketua DPD Partai Golkar Tabalong, dan Jurni, anggota DPRD Tabalong dari Fraksi Golkar.
Berbeda dengan dengan Pilkada Tanah Laut 2018, Golkar menempatkan kadernya di urutan pertama. Di sana ada nama H Rahimullah, Ketua DPD Partai Golkar Tanah Laut, bersaing dengan calon petahana Bupati H Bambang Alamsyah, yang juga kader PDI Perjuangan. Lalu, nama Wakil Bupati Tanah Laut Sukamta juga turut meramaikan bursa bakal calon orang nomor satu di Bumi Tuntung Pandang tersebut.
Sedangkan untuk posisi calon Wakil Bupati Tanah Laut, Golkar juga merilis nama Anang Ali Nafiah, Sekretaris DPD Partai Golkar Tanah Laut untuk bersaing dengan tokoh agama setempat, Ustadz Zainal Abidin.
Ketua Harian DPD Partai Golkar Kalsel H Supian HK mengatakan, surat hasil penjaringan bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah akan segera dikirim ke DPP Partai Golkar di Jakarta. Dengan begitu akan mengerucut satu nama untuk posisi bakal calon nomor satu dan dua di empat kabupaten yang menghelat Pilkada 2018 mendatang. “Keputusan kini berada di DPP Partai Golkar. Kami sudah melaksanakan apa yang digariskan pimpinan pusat,” ujar H Supian HK kepada sejumlah wartawan di Banjarmasin, Selasa (4/7) lalu.
Dia mengatakan apa pun yang menjadi keputusan DPP Partai Golkar terkait nama sang jago akan dijalankan seluruh pengurus, kader, dan simpatisan beringin di Kalsel. Khususnya di empat daerah yang menggelar hajatan politik lokal itu.[]

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Isra Ismail Resmi Gantikan Posisi Almarhun Gusti Rudiansyah

7 Juli 2021 - 14:16 WIB

Aksi #Save KPK Jilid III Berujung Mosi Tak Percaya

1 Juli 2021 - 19:37 WIB

Supian HK Tak Temui Mahasiswa dalam Aksi #SaveKPK Jilid III, Berikut Alasannya

1 Juli 2021 - 16:45 WIB

Kartu Merah untuk Polisi di Aksi #SaveKPK, Mahasiswa Kembali Cari Supian HK

1 Juli 2021 - 16:21 WIB

Jokowi Minta GK Fokus Bantu Tangani Pandemi, ‘Acuhkan’ Pilpres 2024

25 Juni 2021 - 19:05 WIB

Aksi #SaveKPK Jilid II Mahasiswa di DPRD Kalsel Diwarnai Bentrok Hingga Desakan Supian HK Mundur dari Jabatan

24 Juni 2021 - 20:25 WIB

Trending di Politik