Rab. Agu 12th, 2020

Berkat Dukungan Anggota DPR RI Dapil Kalsel, 1.000 KPR Subsidi untuk ASN Balangan akan Dibangun

2 min read

KabarKalimantan, Paringin – Pemerintah Kabupaten Balangan dalam waktu dekat ini akan mewujudkan pembangunan 1.000 unit Kredit Perumahan Rakyat (KPR) bersubsidi untuk ASN di Balangan yang belum memiliki hunian.

Tak tanggung-tanggung, KPR subsidi untuk ASN Balangan yang juga inisiatif anggota DPR RI Dapil Kalsel 1 Rifqinizami Karsayuda itu akan dibangun di lokasi yang cukup strategis, yakni di kawasan Komplek Perkantoran SKPD Pemkab Balangan.

Anggota DPR RI Rifqinizamy Karsayuda beserta Bupati Balangan H Ansharuddin dan jajaran saat menijau lokasi yang akan dibangun perumahan itu, Jumat (3/7/2020) menerangkan, pembangunan KPR Subsidi untuk ASN ini merupakan program dari Kementrian PUPR yang memberikan posko anggaran dalam rangka penyediaan perumahan subsidi bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

Dari 170.000 unit KPR Subsidi yang dianggarlan Kementerian PUPR untuk seluruh wikayah Indonesia itu, lanjutnya, Kabupaten Balangan mendapatkan jatah 1.000 unit. “Saya meminta khusus untuk Kabupaten Balangan sebanyak 1.000 unit. Serta sejak awal kami rancang dengan Bupati Balangan utamanya untuk kawan-kawan ASN termasuk PTT atau honorer di Kabupaten Balangan,” ucapnya.

Dalam implementasinya, tambah Rifqinizami, KPR subsidi ini direncanakan tanpa uang muka. Selain itu pembayaran angsuran perbulannya juga tak lebih dari Rp 900 ribu untuk kredit jangka waktu 20 tahun.

“Jadi, insya Allah tidak membebani para ASN. Terlebih saat ini juga belum diperbolehkan untuk membangun perumahan yang sifatnya dinas atau rumah jabatan. Sehingga kami harus kreatif menghadirkan rumah bagi pegawai,” jelasnya.

Ia juga menilai, lokasi yang dipilih oleh Bupati Balangan H Ansharuddin merupakan lokasi premium. Sebab, kebanyakannya KPR subsidi biasanya berada di kawasan yang jauh dari perkotaan, karena harga tanah yang tidak boleh mahal.

“Mudah-mudahan para ASN yang mengabdikan diri di Pemkab Balangan bukan hanya sekadar bekerja di Bumi Sanggam, tetapi juga dapat menikmati fasilitas yang baik di Kabupaten Balangan,” ucapnya.

Menyikapi program tersebut, Bupati Balangan H Ansharuddin sangat menyambut baik akan dibangunkannya KPR subsidi untuk ASN Balangan yang bertujuan untuk untuk memfasilitasi ASN di ruang lingkup SKPD Balangan.

Saat ini, lanjutnya, pengembangan jalan juga sedang dilakukan dengan melakukan clearing jalan selebar 24 meter. Selain itu pihak developer juga sudah menyiapkan lahannya yang cukuo untuk dibangun 1.000 unit rumah tersebut.

“Lokasinya sangat strategis, dekat dengan layanan pendidikan, serta akan dibukakan jalur lebih dekat menuju Polres Balangan, Kantor Kecamatan Paringin Selatan dan akses lainnya. Bahkan direncanakan pembangunan perumahannya akan memenuhi standar pada umumnya, juga akan dibangunkan RTH dan fasilitas umum lainnya,” jelas Ansharuddin.

Untuk pembangunan KPR subsidi tersebut, beber Ansharuddin, akan dilakukan beberapa tahap. Dalam tahap pertama ini dibangun rumah tipe 36. “Saat ini sudah ada 540 orang yang mendaftar untuk memiliki hunian subsidi itu,” jelasnya.

Selain di Kabupaten Balangan, program serupa juga dilaksanakan di Kabupaten Tapin dan HST. Selain itu ada pula perumahan untuk para dosen Universitas Lambung Mangkurat (ULM).(advertorial)

Reporter: FM Hidayatullah

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.