BI Kalsel Sosialisasikan Penyempurnaan Kebijakan Operasional SKNBI

258

KabarKalimantan, Banjarmasin – Bank Indonesia (BI) Kalimantan Selatan, telah mensosialisasikan terkait penyempurnaan kebijakan operasional Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI) di Kantor BI Kalsel, Senin (2/9/2019).

Secara serentak, ini pun disosialisasikan di seluruh kantor cabang perwakilan BI di Indonesia.

Penyempurnaan kebijakan operasional SKNBI ini diwujudkan untuk memenuhi ekspektasi preferensi transaksi masyarakat dan industri, tentunya dengan tetap memperhatikan hak konsumen dan perlindungan kepada nasabah.

Implementasi penyempurnaan SKNBI meliputi, penurunan biaya transaksi dari Rp 5.000 menjadi Rp. 3.500/transaksi, peningkatan nominal maksimal transaksi dari Rp 500 juta menjadi Rp 1 miliar dan peningkatan periode settlement dari 5 kali menjadi 9 kali sehari untuk maksimalisasi kecepatan transaksi.

Kepala Kantor Perwakilan BI Kalsel, Herawanto menuturkan, berdasarkan data dari Bank Indonesia, Sebagian besar transaksi kliring dari Kalsel yang ditujukan ke Pulau Jawa nilainya mencapai Rp2,60 triliun.

Baca Juga :   KPw BI Kalsel Bahas Cara Mendongkrak Beberapa Sektor Industri

Sedangkan dana masuk ke Kalsel melalui SKNBI paling tinggi berasal provinsi dari pulau Jawa. Angkanya mencapai Rp 431,78 miliar atau sekitar 75,77 persen.

Tingginya interaksi ekonomi serta arus transaksi barang dan jasa dari Pulau Jawa, khususnya transaksi eceran atau ritel, lanjutnya, menyebabkan transfer dana melalui SKNBI dari dan ke Kalimantan Selatan didominasi provinsi di Pulau Jawa.

Sehingga implementasi penyempurnaan ini tentunya memiliki potensi untuk kembali dapat meningkatkan jumlah transaksi di Kalsel.

“Dengan adanya penyempurnaan SKNBI ini, diharapkan pertumbuhan ekonomi masyarakat Kalsel semakin meningkat. Tentunya banyak keuntungan, yaitu biaya lebih murah, lebih cepat, dan lebih efisien. Baik melalui e-commerce maupun kegiatan transaksi lainnya,” terangnya.

Reporter: Smara Aqdimul Azmi
Editor: Suhaimi Hidayat
Penanggungjawab: M Ridha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here