BI Serahkan Bantuan 4 Klotok di Danau Panggang

842

KabarKalimantan, Banjarmasin – Kantor Bank Indonesia Perwakilan Kalimantan Selatan menyerahkan bantuan empat unit perahu klotok untuk mendukung aktivitas sekolah di Desa Tampakang dan Berarawa, Kecamatan Danau Panggang, Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Maklum, pelajar asal Desa Tampakang dan Desa Bararawa, mesti membelah sungai ketika berangkat ke SMPN 3 Danau Panggang di Desa Sapala, ataupun sebaliknya.

Melihat kondisi semacam itu, BI Kalimantan Selatan berinisiatif membantu empat unit kelotok berkapasitas lima orang. Klotok bantuan BI untuk mendukung aktivitas pulang-pergi siswa yang bermukim di desa-desa sekitar.

“Peyerahan Program Sosial Bank Indonesia (PSBi) ini masih dalam rangkaiyan HUT RI Ke-72,” kata Wakil Kepala BI Kalsel, Mohammad Irwan, Rabu (30/8/2017)

Selain menopang pelajar, Irwan berharap bantuan empat unit jukung akan meningkatkan perekonomian masyarakat desa dan meningkatkan akses transportasi di Kecamatan Danau Panggang. “Sehingga kualitas hidup masyarakat akan lebih baik,” Irwan menambahkan.

Wilayah geografis Kecamatan Danau Panggang mayoritas dikelilingi rawa. Penduduk di Danau Panggang biasanya tinggal di rumah panggung. Masyarakat kebanyakan memanfaatkan perahu klotok atau jukung untuk aktivitas sehari-hari karena kondisi geografis semacam itu. Peternakan kerbau rawa paling kesohor dari Danau Panggang.


M. Rizal Khalqi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here