Biddokkes Polda Kalsel Fokus Capai Akreditasi Fasilitas Pelayanan Kesehatan

KabarKalimantan, Banjarmasin – Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Polda Kalsel menggelar kegiatan Rakernis Fungsi Dokkes Jajaran Polda Kalsel, Workshop Odontogram dan Workshop Akreditasi FKTP di Hotel Tree Park Banjarmasin, Rabu (3/7/2019).

Kegiatan Rakernis Fungsi Dokkes Jajaran polda Kalsel ini berfokus untuk menaikkan akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP). Kegiatan ini juga dihadiri BPJS Kesehatan, Jasaraharja dan Forensik RSUD Ulin Banjarmasin.

Kepala Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Kabiddokkes) Polda Kalsel, Kombes Pol dr H Erwinn ZH MH Kes mengungkapkan, ada 17 fasilitas kesehatan di jajaran Polda Kalsel yang harus memiliki akreditasi. Target ini mesti terealisasi per 1 Januari 2021 mendatang.

“Jadi ada 13 Polres Kabupaten/Kota, Polairud, Polda Kalsel, Brimob dan SPN Banjarbaru yang harus akreditasi. Kami berkoordinasi dengan BPJS Kesehatan, Jasa Raharja dan RSUD Ulin Banjarmasin. Kami pun optimis, akreditasi ini akan dicapai Biddokkes Polda Kalsel,” ujarnya.

Selain untuk meningkatkan akreditasi, pihaknya juga melakukan pelatihan kepada tenaga non medis yang ditujukan untuk pembuatan odontogram. Tujuannya, setiap masyarakat yang memiliki e-KTP dan SIM, didalamnya tertanam rumus odontogram layaknya sidik jari.

“Tapi odontogram ini khusus gigi. Jadi dengan adanya odontogram ini, pengenalan atau identifikasi diri bagi warga yang terkena musibah dan hanya tertinggal giginya saja, identitasnya itu cepat dikenali,” jelasnya.

Kegiatan Rakernis Fungsi Dokkes Jajaran Polda Kalsel, Workshop Odontogram dan Workshop Akreditasi FKTP dilaksanakan selama dua hari, mulai 3-4 Juli 2019.

Reporter: Smara Aqdimul Azmi
Editor: Suhaimi Hidayat
Penanggungjawab: M Ridha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here