Kam. Jul 16th, 2020

BK Minta Dewan Banjarmasin Patuhi Tata Tertib

1 min read

KabarKalimantan, Banjarmasin – Badan Kehormatan (BK) DPRD Banjarmasin akan segera membagikan salinan tata tertib yang telah diparipurnakan beberapa waktu lalu.

Ketua BK DPRD Banjarmasin H Abdul Gais mengatakan, melalui tata tertib (Tatib) ini, anggota dewan harus memahami fungsi dan tugas masing-masing Alat Kelengkapan Dewan (AKD).

“Jadi diharapkan semua anggota dewan menaati Tatib yang telah disepakati tersebut. Sehingga dalam pelaksanaan kerja sebagai dewan, tidak ada disharmonisasi,” ucap Gais kepada wartawan, Kamis (12/3/2020).

Sesuai Tatib yang mengacu PP Nomor 12 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tatib Dewan itu, jelasnya, sanksi terberat bagi wakil rakyat yang melanggar adalah usulan diberhentikan sebagai anggota dewan alias Pergantian Antar Waktu (PAW).

“Sanksi ini diberikan jika 6 kali berturut-turut tak hadir di paripurna, atau menyangkut pelanggaran pidana berat. Tapi semua itu dikembalikan kepada parpol pengusung masing-masing,” jelasnya.

Baca Juga :   Banyak Titian Rusak, Dewan Minta Pemkot Menginventarisasi

Menurut politikus Demokrat ini, anggota dewan adalah pilihan partai yang dipilih masyarakat. Sehingga baik dewan lama atau baru, tidak ada alasan tak siap berkerja dan menjalankan tugas sebagai anggota dewan.

“AKD sudah dibentuk dan Tatib sudah disahkan, jadi jangan lagi ada dewan tidak tahu fungsi dan apa yang harus dikerjakan,” ingatnya.

Reporter: Smara Aqdimul Azmi
Editor: Suhaimi Hidayat
Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.