BNN Balangan Rehabilitasi 66 Orang Pecandu Narkoba

KabarKalimantan, Paringin– Badan Narkotika Nasional Kabupaten Balangan telah merehabilitasi 66 orang pecandu narkoba di Balangan, terhitung mulai awal tahun hingga Agustus 2017.

Kepala BNNK Balangan, Ajun Komisaris Besar Abdul Muthalib, mengatakan 11 dari 66 orang pecandu itu telah melewati tahapan rehabilitasi. “Namun masih tetap melakukan pemulihan rutin,” ujar AKBP Abdul Muthalib kepada KabarKalimantan, Kamis (31/8/2017).

Menurut dia, BNN kebanyakan merehabilitasi pecandu obat daftar G jenis carnophen dan masih usia remaja. Abdul mengakui jumlah warga yang mengikuti program rehab tergolong tinggi. Tapi, ia melanjutkan, fakta ini membuktikan kesadaran masyarakat terutama orang tua menginginkan anaknya sembuh dan terbebas dari narkoba.

Abdul mengatakan warga yang ingin melapor atau ingin mengikutkan keluarga dalam program rehabilitasi narkoba bisa mendatangi BNNK Balangan.

“Selain itu kita juga memiliki sistem informasi rehabilitasi narkoba (Sirena) yang mengimformasikan tentang rehabilitasi narkoba,” ujar dia.

BNNK Balangan terus mensosialiasikan bahaya penyalahgunaan narkoba dan rehabilitasi pecandu ke instansi pemerintahan, organiasi kemasyarakatan, dan sekolah-sekolah. Bersama BNN Pusat, Abdul Muthalib menyiapkan program penanganan korban untuk memfasilitasi masyarakat yang ingin lepas dari ketergantungan narkoba.

“Biaya rehabilitasi korban narkoba oleh dana BNN, dalam artian gratis sehingga masyarakat tidak perlu cemas dengan biaya,” ujarnya.

Ia menjamin akan melindungi identitas korban narkoba yang masuk program rehabilitasi BNNK Balangan. “Korban akan didampingi dokter ahli dan psikolog selama rehab berjalan,” kata Abdul Muthalib.

F. M Hidayatullah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here