BNNK Balangan Temukan 4 Pemuda HST Positif Narkoba

541
BNN Balangan merazia warung malam di Hulu Sungai Tengah. Istimewa for Redkal.com

KabarKalimantan, Paringin – Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Balangan yang membawahi wilayah Banua enam terus melakukan aksi razia dan sosialisasi permasalahan narkoba.

Melalui Seksi berantas BNNK Balangan misalnya, beberapa waktu lalu melakukan giat razia bersama dengan polisi dan pemerintah daerah untuk meminimalisir pengunan narkoba.

Alhasil empat orang warga positif narkoba saat dilakukan tes urin dalam razia yang dilaksanakan di Kabupaten Hulu Sungai Tengah dengan sasaran warung malam atau warung Jablay, cafe, dan taman kota.

“Sebagian besar masih remaja yang kita periksa saat gelaran rajian dan tes urin tersebut, hasilnya 4 orang positif dan mereka kita serahkan penangananya kepada pihak kepolisian untuk pemeriksaan lebih lanjut,” ungkap Kepala BNNK Balangan, Abdul Muthalib saat mengelar presrilis bersama wartawan, Senin (2/10/2017) di aula Kantor BNNK Balangan.

Maraknya pengunaan Narkoba dan obat ilegal, BNNK Balangan dari Seksi pencegahan dan pemerdayaan masyarakat memberi bimbingan teknis Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelab Narkoba (P4GN) bagi para kepala desa.

Sementara untuk rehap pecandu narkoba, Thalib menyebutkan, dari Januari-Agustus ada sebanyak 60 resedin (pasien yang sudah ikut rehabilitasi) yang tengah mengikuti layanan pasca rehabilitasi rawat jalan di Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK ) Balangan. Mereka ikut rahabilitasi sejak 2016.

Mereka harus menjalani berbagai tahapan guna lepas sama sekali terhadap pengaruh Narkoba seperti, terapi, family sport groub dan seminar pengembangan diri.

Pelaksanaan kegiatan layanan pasca rehabilitasi ini merupakan lanjutan setelah pelaksanaan rehabilitas yang dilaksanakan selama 4 sampai 6 bulan.

“Dari 60 residen peserta pasca rehab ini, baru 15 orang sudah selesai dan sisanya masih menjalankannya,” ungkapnya.

Thalib menilai, masalah narkoba merupakan musuh bersama, bukan hanya tugas BNN, polisi ataupun Pemerintah saja. “Tapi tugas kita bersama. Untuk itu, mari kita berantas Narkoba demi kebaikan kehidupan kita dan generasi akan datang,” himbau Abdul Muthalib.

F. M HIDAYATULLAH

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here