BNNP Kalsel Harapkan Guru Berperan Perangi narkoba di Lingkungan Sekolah

209

KabarKalimantan, Banjarmasin – Kepala Badan Nasional Narkotika Provinsi (BNNP) Kalsel Brigjen Nixon Manurung meminta peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dijadikan momentum untuk mewujudkan cita-cita Ki Hajar Dewantara.

Menurut Nixon, seorang guru harus menjadi sosok ideal dan selalu memberikan contoh yang baik serta harus bisa menempatkan diri sebagai pembimbing, penasihat, pendidik, pengajar, pemberi motivasi, bersikap rendah hati, penuntun, tegas dan terhormat seperti Bapak Pendidikan Nasional tersebut.

“Disamping itu, guru juga harus ikhlas dalam mendidik siswa dan mampu menguasai kompetensi keguruannya,” ujar Manurung kepada Kabar Kalimantan, Rabu (2/5).

Ia menilai, peran guru sangatlah penting dalam pembentukan karakter siswa. Sebab, guru meruapakan orang tua siswa di wilayah sekolah. Tentu saja dibutuhkan individu-individu yang berkompeten dan jauh dari pengaruh penyalahgunaan narkoba.

“Tantangan guru ke depan adalah bagaimana para guru mendidik anak didik mereka untuk menjauhi penyalahgunaan narkoba serta memperbaiki manajemen pendidikan yang masih kurang saat ini,” imbuhnya.

Baca Juga :   Komjen Pol Heru Winarko Berikan Kuliah Umum di ULM

Terkait peranan BNNP Kalsel di hari pendidikan nasional ini, Manurung mengaku akan gencar berkampanye serta melakukan sosialisasi terhadap masyarakat tentang dampak buruk dari peredaran dan penyalahgunaan narkoba.

“Kami sudah sering berkoordinasi ke desa-desa serta melibatkan aparat desa dan sekolah-sekolah tingkat SMP dan SMA untuk menyosialisasikan serta bergerak membantu pemerintah dalam memerangi gelapnya peredaran dan penyalahgunaan narkoba di Kalimantan Selatan ini,” pungkas Mantan Kepala BNNP Kepri ini.
EDDY ANDRIYANTO

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here