Jum. Sep 25th, 2020

BPBD Balangan Dirikan Posko Siaga Bencana Karhutla

1 min read

KabarKalimantan, Paringin – Guna mengantisipasi dan penanganan bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla), kabut asap dan kekeringan, Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Balangan mendirikan Posko lapangan, Kamis (26/7/2018).

Posko siaga bencana kebakaran dan lahan kabut asap serta kekeringan yang berada di Terminal Paringin ini direncanakan akan dioperasionalkan selama tiga bulan mendatang.

Kasi Kedaruratan BPBD Balangan Muhammad Syuhada mengungkapkan, pendirian posko untuk mengantisipasi terjadinya bencana karhutla yang mengakibatkan kabut asap dan kekeringan. “Dalam pelaksanaannya, posko yang didirikan ini akan melibatkan unsur FKPD, TNI, Polri dan lain sebagainya,” bebernya.

Posko ini, lanjut dia, juga menyikapi status siaga darurat karhutla serta untuk mengkoordinasikan dengan instansi terkait dalam penanganan Karhutla. “Nantinya, kami juga akan mendeteksi titik api dan upaya-upaya penanganan serta pencegahan agar kebakaran tidak meluas,” katanya.

Segala aktivitas yang berkaitan dengan penanggulangan dan pemadaman karhutla serta informasi akan dipusatkan di posko siaga darurat karhutla ini. Jika terjadi bencana sewaktu-waktu, anggota TRC akan langsung bergerak menindaklanjutinya.

“Kami juga meminta peran serta semua pihak dan mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk menaati maklumat Polda Kalsel untuk tidak melakukan pembukaan lahan pertanian dengan cara membakar kawasan hutan serta menaati ketentuan peraturan yg telah ditetapkan pemerintah,” pungkasnya.

FM Hidayatullah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.