BPBD Kalsel Bersiap Antisipasi Bencana Musim Kemarau

324

BANJARMASIN, KK – Seluruh personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalsel serta para relawan harus bersiap dari peralatan hingga logistik untuk antisipasi bencana di musim kemarau.

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor sudah mengeluarkan surat edaran mengenai siaga bencana kebakaran hutan dan lahan. Walaupun siaga bencana banjir dan puting beliung tetap berlaku sambil menunggu keputusan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kalsel apakah cuaca sudah berubah kemarau.

“Kalau sudah musim kemarau dapat kita siagakan lagi siaga kebakaran hutan dan lahan,” ujar Wahyudin Pelaksana tugas (plt) Kepala BPBD Kalsel.

BPBD sudah menyampaikan surat edaran kepada kabupaten/kota di Kalsel dalam musim penghujan ini supaya membuat suatu program pelatihan serta penanggulangan kebakaran hutan dan lahan.

Daerah yang rawan bencana kebakaran hutan dan lahan menurut BPBD Kalsel ada enam wilayah, yaitu Banjarbaru, Barito Kuala, Tanah Laut, Tanah Bumbu, Kotabaru dan Kabupaten Banjar.

Gubernur Kalsel juga mempunyai rencana selain membuat kanal yang diisi air juga mengimbau kepada petani agar batang padi yang sudah panen dipotong sampai kebawah dan diamankan serta diharapkan petani membentuk tim untuk peduli api.

BPBD juga akan mengadakan rapat koordinasi yang dipimpin langsung oleh gubernur bersama kepala daerah, TNI dan Polri. ari

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here