Rab. Agu 12th, 2020

BPBD Kalsel Kirim Pasukan Satgas Karhutla ke Kalteng

2 min read

KabarKalimantan, Banjarmasin – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalsel kirim pasukan penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) ke Provinsi Kalimantan Tengah, Selasa (24/9/2019) malam.

Atas permintaan dan arahan dari pusat, Kalimantan Selatan kirim bantuan untuk menangani Karhutla yang terjadi di provinsi tetangga, yakni Kalimantan Tengah.

Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor yang melepas pasukan penanganan Karhutla ke Kalteng mengatakan, bantuan pasukan ini sebagai tindak lanjut dari permintaan pemerintah pusat agar Kalsel ikut menangani kebakaran hutan dan lahan di provinsi tetangga.

Gubernur yang akrab disapa Paman Birin ini menuturkan, ada 10 orang personil dengan 3 unit kendaraan yang 2 di antaranya truk tangki air, dengan kapasitas 16 ribu liter dan 5 ribu liter.

“Mereka yang dikirim ini merupakan andalan kita, dan mereka akan bertugas sesuai kebutuhan di sana waktu dan tempatnya, dimana semua siap bertugas,” kata Paman Birin.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalsel Wahyudin menyatakan, personel dan truk tangki air yang dikirim dari Kalsel langsung berangkat setelah dilepas gubernur.

“Mereka akan ke posko BPBD yang ada di sana, setelah itu berkoordinasi untuk tugas selanjutnya,” katanya.

Mahyudin menambahkan, truk tangki air yang dikirim akan memberi bantuan dan berjuang untuk memadamkan kebakaran hutan dan lahan.

“Kita berkewajiban membantu daerah tetangga, sebab kondisi kebakaran hutan di sana cukup parah,” ucapnya.

Ditanya apakah akan kekurangan personel dalam menangani Karhutla di Kalsel, Mahyudin mengatakan, kebakaran hutan dan lahan di Kalsel saat ini sudah dapat dikendalikan, sehingga personel bisa membantu daerah tetangga.

“Kita saling bantu lah, sebab imbas asap dari kebakaran hutan dan lahan tersebut semua merasakannya,” pungkas Mahyudin.

Reporter: Syahri Ramadhan
Editor: Suhaimi Hidayat
Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.