BPBD Kotabaru Bentuk 10 Posko Penanggulangan Karhutla

239

KabarKalimantan, Kotabaru – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotabaru nampaknya sangat waspada terhadap bencana kebakaran hutan dan lahan yang mengintai di musim kemarau ini.

“Untuk mengantisipasi terjadinya bencana tersebut, kami sudah memetakan wilayah yang rawan terjadi karjutla,” kata Plt Kepala BPBD Kotabaru Rusian Ahmadi Jaya kepada Redkal.com, Rabu (14/8/2019).

Tidah hanya itu, lanjut Rusian, pihaknya juga telah membangun 10 posko penanggulan karhutla di beberapa desa, seperti Desa Sigam, Megasari, Stagen, Semaras, Terangkeh, Buluh Kuning, Cantung Kanan, Sumber Sari, Sebelimbingan dan di Kantor BPBD setempat yang merupakan posko induk.

“Kami juga menyiapkan 2 unit mobil tangki suplai air, 6 unit mesin pompa air, 1 unit mobil komando, 3 unit trail, 25 personil dan ditambah personil gabungan dari Polres, Kodim, Lanal, Manggala Akni, Himpunan Balakar Saijaan dan masyarakat peduli api Kabupaten Kotabaru,” jelasnya.

Baca Juga :   Banyak Lahan Terbakar, Banjarbaru Darurat Siaga

Dalam pantauan pihaknya, tambah Rusian, saat ini Kabupaten Kotabaru dinyatakan aman dari bencana karhutla. “Kami bekerja tidak hanya menunggu adanya bencana, tetapi kami melakukan antisipasi sebelum terjadinya karhutla,” pungkasnya.

Reporter: Ardiansyah

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here