Budidaya Lebah Madu, Kabupaten Banjar Jadi Terbaik 1 Kelembagaan Ekonomi Petani

2 min read
2.650

KabarKalimantan, Martapura – Budidaya lebah madu yang ada di Kabupaten Banjar meraih penghargaan Terbaik I untuk kategori Kelembagaan Ekonomi Petani (KEP).

Hal tersebut berdasarkan putusan Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura (TPH) Kalimantan Selatan pada 19 Juli 2021 lalu yang juga sekaligus menetapkan Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Sungai Tabuk, Kecamatan Sungai Tabuk, meraih penghargaan BPP Terbaik III se-Kalsel.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas TPH Kabupaten Banjar HM Riza Dauly mengatakan, kegiatan tersebut merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan untuk memberikan penghargaan terhadap kelembagaan dan tenaga berprestasi di sektor pertanian dari Pemprov Kalsel.

Baca Juga :   Gugusan Pulau di Riam Kanan Hadirkan Pulau Rusa

“Sesuai ketetapan Pemprov Kalsel, kita meraih juara I untuk kategori KEP, dan terbaik III untuk kategori BPP. Kerena menorehkan prestasi terbaik I untuk kategori KEP, kita akan mengikuti kegiatan tersebut hingga ke tingkat nasional,” ujarnya, Kamis (5/8/2021).

Ditanya apa saja kategori kegiatan yang dilaksanakan, dan bagaimana sistem penilaiannya, HM Riza Dauly yang baru daja menjabat sebagai Plt Kadis TPH mengaku belum memahami betul apa saja ketegorinya. Namun, ia mengatakan akan mempelajarinya terlebih dulu.

Baca Juga :   Lima Box Zenith Gagal Edar di Lapas Martapura

“Saya akan mencoba memahami apa saja nanti kategori penilaiannya. Sepengetahuan saya, ini terkait bagaimana ketaatan atau keseriusan lembaga dan tenaga BPP dalam melaksanakan program dan usahanya,” tutur HM Riza Dauly yang merupakan pejabat definitif Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Banjar.

Dikatakannya, tugas Dinas TPH memang untuk mendampingi petani, dan pendampingan tersebut sangat efektif. Dan, kegiatannya benar-benar dirasakan karena bersifat subjektif.

Baca Juga :   Masuk PSN atau Tidak, Pembangunan Jalan Bebas Hambatan Kabupaten Banjar-Tanah Bumbu Tetap Dijalankan

Untuk diketahui, sejumlah kabupaten/kota lainnya yang mengikuti dan mendapat penghargaan pada kegiatan Kelembagaan dan Ketenagaan BPP, Gapoktan, KEP, Penyuluh Pertanian dan Petani Berprestasi Tingkat Pemprov Kalsel, yakni BPP Kota Banjarbaru Terbaik I untuk kategori BPP, Barito Kuala Terbaik II, dan Kabupaten Banjar terbaik III.

Sedangkan untuk kategori KEP, Kabupaten Banjar meraih penghargaan Terbaik I, Tabalong Terbaik II, dan Hulu Sungai Selatan (HSS) terbaik III.

Reporter: Budi Setiawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *