Buntut Kasus Utang Piutang, Ansharuddin Layangkan Gugatan Perdata

41

KabarKalimantan, Paringin – Kasus dugaan penipuan yang membelit H Ansharuddin yang saat ini menjabat sebagai Bupati Balangan yang sebelumnya dituduh ingkar janji soal pinjam-meminjam uang senilai Rp 1 miliar berbuntut panjang.

Kuasa hukum Ansharuddin melayangkan gugatan perdata terhadap pelapor bernama Dwi Putra Husnie, dan dua saksi tergugat yakni Mukhlisin dan Rusian .

Gugatan Ansharuddin ini disidangkan di Pengadilan Negeri Paringin, dan dipimpin Hakim Ketua Lis Susilowati didampingi dua wakilnya yakni Damar Kusuma Wardana dan Raysha, Senin (28/10/2019). Masing masing pihak dari penggugat dan tergugat diwakili pengacara.

Persidangan pertama ini beragendakan pembuktian surat penggugat berupa kwitansi dan para pembuktian saksi dari penggugat yang bersaksi menyaksikan penyerahan uang tertanggal 2 April 2018 .

Pada sidang pertama ini, pihak penggugat yakni H Ansharuddin melalui pengacaranya menghadirkan empat orang saksi, yang bersaksi terkait perkenalan dan hubungan tergugat Dwi putra Husnie dan H Ansharuddin serta kronologis adanya kwitansi dan cek Rp 1 miliar.

Dari kesaksiannya, diceritakan tentang saksi yang mengetahui bahwa awal perkenalan tergugat dengan H Ansharuddin, tekait adanya kasus sebelumnya pada saat itu berperkara piutang di Ditreskrimsus .

Dari kesaksian, saksi menyatakan mendengar tergugat Dwi waktu perkenalan dengan H Ansharuddin mengaku sebagai orang Mabes Polri yang sedang menjalankan ikatan dinas sebagai anggota KPK dan punya banyak kenalan di Mabes Polri.

Kemudian, dari empat saksi juga dimintai kesaksiannya pengetahuan saat penyerahan uang dan kwitansi dimana dalam keterangan tergugat Dwi Putra Husnie dan saksi tergugat terjadi pada tanggal 2 April 2018.

Namun, hal itu dibantah saksi penggugat. Karena pada hari itu H Ansharuddin berada di acara pelantikan Badan Permusyawaratan Desa, Kecamatan Halong  di Aula Benteng Tundakan, Kantor Pemerintah Kabupaten Balangan .

Bantahan ini dibuktikan dengan bukti file foto kegiatan, jadwal kegiatan Kepala Daerah Balangan dan berita media cetak .

“Sidang gugatan ini untuk membuktikan kebenaran kwitansi dan kesaksian kejadian penyerahan uang, sidang pertama ini kita hadirkan 4 saksi dan sidang selanjutnya akan kita hadirkan lagi saksi untuk memberi keterangan penguat terkait kasus ini,” ucap Kuasa Hukum H Ansharuddin, Haris Maulana.

Sementara Kuasa Hukum Dwi Putra Husnie, Suryani SH menyatakan pihaknya juga akan menghadirkan beberapa saksi dalam sidang selanjutnya.

Reporter: FM Hidayatullah

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here