Bupati Ansharuddin Ajak Warga Balangan Tingkatkan Minat Baca

Muhammad Husin, siswa kelas VIII SMPN 4 Paringin sempat kaget dan merasa tak percaya kalau dirinya mendapatkan hadiah dua buah buku bacaan dari Bupati Balangan H Ansharuddin.

Penghargaan yang diberikan orang nomor satu di Bumi Sanggam itu berkat suksesnya Husin berpidato berbahasa Inggris di hadapan seluruh pengunjung Pameran Balangan Books Super Sale di Taman Sanggam, Selasa (6/2).

Saat diminta Ansharuddin berpidato berbahasa Inggris, Husin memang sempat merasa nerveus. Namun, dengan kepercayaan diri bermodalkan kepandaian berbahasa Inggris, rasa gugup yang menyelimutinya itu perlahan hilang hingga membuat para undangan kagum dengan kefasihannya berbahasa Inggris.

Sepanjang membacakan pidato berbahasa Inggris diiringi riuh sorak penyemangat yang tak henti-henti dilontarkan teman-temannya, Husin sukses membuat Bupati Ansharuddin serta para undangan lainnya beranjak dari tempat duduknya menyimak pidato dalam bahasa Inggris itu.

Selepas menyimak pidato Husin, dalam sambutannya Bupati Ansharuddin mengajak semua kalangan agar meningkatkan minat baca, khususnya anak-anak yang masih mengeyang bangku pendidikan. Bahkan, ia juga membacakan pepatah Arab yang maksudnya ‘belajar sewaktu muda bagaikan melukis di atas batu, sedangkan belajar di waktu tua bagaikan melukis di atas air’.

Baca Juga :   Balangan Belajar Tata Kota ke Palangkaraya

Dalam kata lain, Bupati mengajak generasi muda untuk terus belajar. Sebab, belajar saat masih di usia emas itu pelajaran akan mudah diingat. Sedangkan, jika sudah tua maka pelajaran itu mudah terlupakan.

Ansharuddin juga mengimbau, di era digital saat ini, anak-anak sekolah harus lebih banyak dan membiasakan untuk membaca buku. Sebab, jika sudah kecanduan dengan alat digital maka semangat membaca buku bisa saja menurun.

“Terlebih saat ini, anak sekolah dasar kelas 6, kelas 9 dan kelas 12 akan menghadapi ujian nasional berbasis komputer. Maka dari itu, lebih giat lah membaca buku khususnya buku pelajaran,” ujar Ansharuddin.

Pada kesempatan itu, Ansharuddin juga mengucapkan terima kasih kepada Dinas Perpustakaan Balangan dan Yusuf Agency, Yogyakarta yang telah bekerjasama untuk mendorong visi mewujudkan masyarakat yang sejahtera melalui peningkatan sumber daya manusia.

Baca Juga :   BNNK Balangan Teken MoU dengan Kemenag

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan Balangan Syarif Ubaidillah mengatakan, pameran buku di Taman Sanggam yang diselengagarakan hingga 6 Maret mendatang merupakan even kedua kalinya dimana pernah sukses di Tahun 2017.

Untuk meningkatkan minat baca anak sekolah, lanjut Syarif, Dinas Perpustakaan Balangan juga menggandeng Nanang-Galuh Balangan sebagai Duta Baca yang ditugaskan untuk mengajak warga khususnya anak sekolah agar gemar membaca buku.

FM HIDAYATULLAH

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here