Rab. Agu 12th, 2020

Bupati Ansharuddin Buka MTQ XIII Tingkat Kabupaten Balangan

2 min read

KabarKalimantan, Paringin – Ditandai dengan pemukulan bedug, Bupati Balangan H Ansharuddin membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XIII tingkat Kabupaten Balangan, di lapangan sepakbola Bumi Daya, Kecamatan Lampihong, Sabtu (21/9/2019) malam.

Selain pemukulan bedug, pembukaan MTQ juga ditandai pelepasan balon ke udara oleh Bupati H Ansharuddin bersama Ketua TP PKK kabupaten Balangan Hj Nursidah Ansharuddin serta penyerahan piala bergilir bupati kepada Camat Lampihong selaku tuan rumah dan ketua pelaksana.

Pembukaan juga diakhiri dengan pawai taaruf kafilah, pelatih dan offisial dari delapan kecamatan. Pembukaan MTQ yang berlangsung meriah dan semarak, dihadiri Ketua DPRD Balangan Ahsani Fauzan dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) setempat, Sekdakab H Ruskariadi, Kamenag Balangan HM Yamani serta sejumlah pejabat di lingkup Pemkab setempat serta undangan lainnya.

Camat Lampihong Fitrana Wijaya selaku ketua pelaksana dalam laporannya mengatakan,  MTQ yang berlangsung dari 21-23 September sesuai jumlah cabang yang dilombakan, dilaksanakan pada beberapa tempat, dengan peserta lomba kurang lebih 400 orang.

Baca Juga :   Bupati Kotabaru Buka Pelaksanaan MTQ di Desa Gunung Ulin

Disampaikannya juga, untuk tempat-tempat lomba, selain di panggung utama juga dilaksanakan di Masjid At Taqwa, Langgar Hidayatussalam serta di beberapa gedung sekolah. “Kami berharap kegiatan ini bisa berjalan dengan sukses dan lancar,” harapnya.

Sementara itu, Bupati H Ansharuddin dalam sambutannya mengatakan,  pelaksanaan MTQ ini merupakan wadah yang mempertemukan para qori’ dan qori’ah, hafiz dan hafizah, serta segenap kafilah MTQ dari seluruh kecamatan se-Kabupaten Balangan.

Dalam moment ini, lanjutnya, para kafilah datang untuk saling berlomba, mengasah kemampuan dan mengejar prestasi dalam seni baca Alqur’an, serta pemahaman akan isi kandungannya, sekaligus untuk saling mempererat silaturahmi dan ukhuwah, memperluas persaudaraan di antara sesama warga Bumi Sanggam.

Selain itu, kata bupati, pelaksanaan yang rutin ini tentunya diinginkan adanya proses kaderisasi, regenerasi dan pembinaan, membentuk insan-insan yang andal dan berdaya saing tinggi, sehingga didapatkan peningkatan kemampuan dan kualitas pada sumber daya manusia Balangan.

Baca Juga :   Khatam Quran di Kabar Kalimantan

Ia juga menyebutkan, ajang MTQ ini bisa difungsikan secara maksimal sebagai proses seleksi guna menjaring seluruh potensi SDM dan generasi Qur’ani di Banua, sesuai bidang bakat dan kemampuan masing-masing.

“Untuk itu, tidak bosan-bosan saya tekankan kepada semua agar tetap teguh pada komitmen, bahwa setiap peserta yang berlomba pada event ini haruslah putra-putri Balangan. Kita jangan mengandalkan SDM dari daerah lain untuk mengangkat nama daerah kita sendiri,” tegasnya lagi.

Menurut orang satu di Bumi Sanggam ini, pelaksanaan MTQ juga merupakan ajang seleksi para kafilah yang dipersiapkan untuk menghadapi STQ maupun MTQ tingkat Provinsi Kalsel.

Disisi lain, mantan Wabup Balangan dua priode ini juga berjanji memberikan bonus bagi para qari dan qariah atau hafiz dan hafizah yang berhasil meraih rangking pertama di MTQ Nasional tingkat Provinsi Kalsel yang digelar di Kotabaru nanti.

Baca Juga :   Ribuan Jemaah Hadiri Haul Datu Kandang Haji

“Bagi yang berhasil meraih rengking pertama di MTQ tingkat Provinsi Kalsel akan diberangkatkan umrah,” janji bupati.

Bupati juga meminta kepada para dewan juri agar benar benar memberikan penilaian, sehingga orang yang mewakil Balangan nanti benar-banar yang terbaik.

Reporter: FM Hidayatullah

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.