Rab. Sep 23rd, 2020

Bupati Ansharuddin Sampaikan Rancangan KUA-PPAS Anggaran Tahun 2021 dalam Rapat Paripurna DPRD Balangan

3 min read

KabarKalimantan, Paringin – Bupati Balangan H Ansharuddin menyampaikan Rancangan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2021 pada sidang paripurna  DPRD Kabupaten Balangan, Senin (3/8/2020).

Sidang paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Balangan Ahsani Fauzan didampingi Wakil Ketua H Upi Wandi  dan anggota DPRD Balangan itu juga dihadiri jajaran kepala SKPD Pemkab Balangan serta tamu undangan.

Pada kesempatan itu, Ketua DPRD Balangan Ahsani Fauzan menyarakan penyusunan KUA-PPAS mengacu pada beberapa peraturan perundang-undangan, yang salah satunya UU Nomor 23 Tahun 2014 yang menjelaskan bahwa KUA atau kebijakan umum APBD adalah dokumen yang memuat kebijakan bidang pendapatan, belanja, dan pembiayaan, serta asumsi yang mendasari periode satu tahun.

“Tentunya kami akan mengetahui terlebih dulu rancangan dari pemerintah daerah terkait KUA-PPAS APBD 2021 sebelum disetujui,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Balangan H Ansharuddin menyampaikan, kebijakan dan rencana kerja pemerintah daerah di setiap tahun anggaran selalu sinkron dengan kebijakan dan rencana kerja pemerintah pusat maupun pemerintah provinsi.

Untuk tahun anggaran 2021, lanjutnya, pemerintah pusat masih memprioritaskan penguatan ketahanan ekonomi, pertumbuhan yang berkualitas dan berkeadilan, pengembangan wilayah untuk mengurangi kesenjangan dan menjamin pemerataan, serta peningkatan kualitas dan daya saing sumber daya manusia.

“Selain itu, yang juga diprioritaskan adalah infrastruktur, lingkungan hidup, ketahanan bencana dan stabilitas politik, hukum, pertahanan dan keamanan, serta revolusi mental dan transformasi pelayanan publik,” imbuhnya.

Selaras dengan itu, tambahnya, pada tahun 2021 Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan akan memprioritaskan pembangunan struktur ekonomi dengan penitikberatan pada sektor industri, pertanian dan pariwisata, serta penguatan sarana dan prasarana dasar.

Tak hanya itu, peningkatan kualitas dan daya saing SDM, lingkungan hidup, ketahanan bencana, serta peningkatan tata kelola pemerintahan juga masuk dalam prioritas Pemprov Kalsel tersebut.

“Menyelaraskan dengan kebijakan dan rencana kerja pemerintah pusat dan pemerintah provinsi, maka untuk tahun anggaran 2021, kami akan memprioritaskan pembangunan pada peningkatan daya saing perekonomian daerah, kualitas SDM, infrastruktur dasar, kualitas lingkungan hidup, serta peningkatan kinerja pemerintahan daerah,” jelasnya.

Secara khusus, lanjutnya, terkait pandemi Covid-19 yang mendera tahun ini, maka peningkatan daya saing perekonomian daerah akan difokuskan pada program-program ekonomi kerakyatan.

“Hal itu dimaksudkan sekaligus sebagai bagian dari langkah-langkah dalam penanganan terhadap masyarakat terdampak Covid-19, utamanya dalam rangka pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19,” jelasnya.

Menurut Bupati, salah satu bagian yang harus ditekankan nanti adalah sektor pertanian, mengingat potensi dan peran sektor pertanian selama ini merupakan penyumbang terbesar kedua dalam perekonomian daerah .

Dalam dokumen KUA-PPAS 2021 ini, sambungnya, Pemkab Balangan tidak mematok nominal yang terlalu tinggi pada pos pendapatan maupun belanja. Bahkan, dibanding TA 2020, pihaknya menurunkan proyeksi pendapatan hingga 11,9 persen, dan anggaran belanja  diturunkan hingga 9,5 persen.

Dijelaskannya, komposisi terbesar pendapatan masih berasal dari subpos pendapatan transfer. Dan hal yang sangat berpengaruh dari fluktuasi ekonomi nasional maupun global, yang untuk saat ini sama-sama disaksikan sangat jatuh akibat pandemi covid-19.

“Situasi tersebut memaksa kita untuk menurunkan proyeksi pendapatan transfer hingga sebesar 14,8 persen. Namun demikian, pada subpos pendapatan asli daerah dan subpos lain-lain pendapatan daerah yang sah, kita masih bisa mengharapkan dan menganggarkan kenaikan hingga 13,5 persen dan 14,4 persen,” tandasnya.

Menghadapi situasi demikian, Bupati mengimbau kepada seluruh jajaran eksekutif, dan memohon dukungan dari legislatif, ke depannya untuk semakin efisien dan tepat sasaran dalam bekerja dengan sumber daya yang dapat  dijangkau, dan harus berupaya mengoptimalkannya.

Reporter: FM Hidayatullah

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.