Bupati Balangan Terima Penghargaan Dewija Praja Nugraha dari Presiden

1114

KabarKalimantan, Bogor – Bupati Balangan H Ansharuddin menerima piagam penghargaan Dwija Praja Nugraha dalam puncak perayaan peringatan Hari Guru Nasional dan HUT PGRI ke-73 di Stadion Pakansari, Cibinong, Jawa Barat, Sabtu (1/12/2018).

Dwija Praja Nugraha merupakan apresiasi guru-guru yang tergabung dalam wadah organisasi PGRI kepada kepala daerah, baik itu gubernur, walikota maupun bupati yang memiliki komitmen dalam memajukan kualitas pendidikan dan mengupayakan kesejahteraan guru.

Usai menerima penghargaan tertinggi dalam duni pendidikan yang diserahkan langsung Presiden Joko Widodo tersebutt, Bupati Balangan H Ansharuddin mengungkapkan rasa syukurnya atas segala upaya para guru di wilayah kabupaten berjuluk ‘Bumi Sanggam’ yang telah berupaya memberikan kemajuan yang besar dalam dunia pendidikan.

Menurut Ansharuddin, para guru bukan hanya turut serta dalam mencapai visi-misi Kabupaten Balangan dalam meningkatkan SDM masyarakat dan dunia pendidikan.

“Mereka juga telah berjuang dan berkomitmen untuk mencapai cita-cita Nawacita program pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla, yakni menciptakan SDM yang berdaya saing tinggi,” ujarnya.

Baca Juga :   Balangan Tolak Berita Hoax

Untuk diketahui, ada sekitar 16 kepala daerah se-Indonesia yang menerima penghargaan, meliputi dua gubernur, lima walikota dan sembilan bupati. Dua gubernur itu adalah Paman Birin, sapaan akrab Gubernur Kalsel dan Gubernur Kepulauan Riau H Nurdin Basirun.

Sedangkan satu-satunya perwakilan guru yang turut mengharumkan dan membanggakan Kalimantan Selatan dipersembahkan oleh Erni Juraina, Guru SMAN 4 Banjarmasin yang berhasil menyabet juara pertama Festival Guru Menulis Tingkat Nasional 2018, Kategori Cerita Remaja.

Pada kesempatan itu, Presiden Joko Widodo dalam pidatonya mengatakan, guru adalah tiang pondasi bangsa yang memiliki peran strategis dan berjasa bagi kemajuan bangsa, sekaligus sebagai agen perubahan.

“Pemerintah telah merubah strategi program pembangunan dari prioritas infrastruktur yang telah dipacu selama empat tahun terakhir, menuju peningkatan sumber daya manusia (SDM) dan salah satu profesi yang menjadi agen perubahan itu adalah profesi guru,” jelas Jokowi.

Baca Juga :   Sejak Dibuka hingga Berakhir, Balangan Expo 2018 Berlangsung Meriah

Sementara itu Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor yang akrab disapa Paman Birin mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada seluruh elemen pembangunan di Provinsi Kalimantan Selatan, baik legislatif maupun kelompok masyarakat, terkhusus kepada para guru.

“Terimakasih kepada para guru yang telah memiliki komitmen untuk memajukan dunia pendidikan di daerah. Pemerintah daerah akan terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan dan hal ini merupakan salah satu wujud implementasi dari Visi Kalsel 2016-2021 yakni Kalsel Mandiri dan Terdepan (MAPAN), Lebih Sejahtera, Berkeadilan, Berdikari dan Berdaya Saing,” ucapnya.(advertorial)

FM Hidayatullah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here