Ming. Apr 11th, 2021

Bupati Balangan Tinjau Desa Pimping yang Masih Terendam Banjir

2 min read

KabarKalimantan, Paringin – Pasca dilanda banjir, beberapa daerah di wilayah Kabupaten Balangan masih membutuhkan bantuan, salah satunya Desa Pimping Kecamatan Lampihong yang saat ini masih digenangi air.

Bupati Balangan H Ansharuddin yang melakukan peninjauan di Desa Pimping, juga menyerahkan bantuan kepada warga, terutama logistik dan rencananya penyaluran makanan siap saji.

Ansharuddin menerangkan, saat ini ada beberapa desa yang mendapat bantuan sembako. Terutama yang baru saja terdampak banjir, diantaranya Desa Pimping, Desa Jimamun serta Desa Tanah Habang Kiri.

Sementara secara keseluruhan, penanganan terhadap dampak bencana juga dilakukan. Terutama pada sejumlah kecamatan yang sebelumnya juga mengalami kebanjiran.

“Di Desa Pimping ini ada 118 KK dan 480 jiwa yang memerlukan bantuan. Sehingga kami dari BPBD, BNPB dan TNI/Polri serta warga mendirikan posko umum,” ucap Ansharuddin.

Khusus hari ini, ucap Ansharuddin, bantuan yang diberikan berupa sembako, beras dan obat-obatan. Termasuk adanya pakaian anak-anak dan kebutuhan lainnya.

Desa Pimping juga mendapatkan bantuan dari BNPB Balangan. Terlebih sepengetahuan Ansharuddin, Kabupaten Balangan mendapatkan bantuan dana senilai Rp 500 juta dari BNPB yang nantinya akan dimanfaatkan untuk operasional posko dan sembako.

Tentang penanganan bencana di Kabupaten Balangan pula, tim BNPB turut terjun langsung untuk penanganan ke lokasi. Mereka bekerjasama dengan Pemda Balangan dan saling berkoordinasi dalam penanganan tersebut.

Sementara itu, Analis Kebijakan Direktorat Dukungan Infrastruktur Kedeputian Bidang Penanganan Darurat BNPB Erlangga Muhammad, BNPB bersinergi dengan Pemda untuk mendukung penanganan bencana yang dilakukan. Selain itu, pihaknya juga secara simbolis mewakili penyerahan bantuan senilai Rp 500 juta kepada Pemkab Balangan.

“Peran kami untuk mendukung dan mendorong percepatan pembentukan posko bencana di Balangan. Kami juga berkoordinasi dengan Pemda dalam penanganan tersebut,” ucap Erlangga.(adv)

Reporter: FM Hidayatullah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.