Jum. Feb 28th, 2020

Bupati Balangan Video Confrence dengan Kementerian Desa dan PDTT RI

2 min read

KabarKalimantan, Paringin – Pemerintah Kabupaten Balangan menjadi salah satu daerah tercepat dalam mengerjakan pelaporan dan penyusunan APBDes.

Terkait hal itu, Bupati Balangan H Ansharuddin melakukan video confrence dengan Menteri Desa dan PDTT Abdul Halim Iskandar dan jajaran pejabat Kementerian untuk melaporkan proses pencairan dana.

Video confrence tersebut tak hanya tersambung dengan Kementerian Desa dan PDTT, namun juga tersambung dengan Bupati Gorontalo, KPPN Gorontalo, KPPN Tanjung serta kepala desa dari tiga desa di Kabupaten Balangan.

Dalam video confrence melalui smart phone yang dilakukan di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali sepulangnya usai menerima LHE LAKIP 2019 itu, Bupati Balangan H Ansharuddin menyampaikan mekanisme yang digunakan Kabupaten Balangan agar bisa cepat menyelesaikan penyusuan APBDes 141 dari 154 desa di Balangan yang selesai pada 28 Januari 2020.

“Dalam penyusunan APBDes, kami selalu melakukan pendampingan dan pengawasan dibarengi dengan informasi. Ini kerja bersama, dan hasilnya kami jadi salah satu kabupaten yang tercepat dalam pelaporan dan penyusnan APBDes,” katanya.

Selain itu, lanjut Ansharuddin, perencanaan yang matang dalam sosialisasi serta pelatihan terkait penyusunan dan pelaporan APBDes juga terus dilakukan DPMPD dan aparat desa  menjadi faktor penting dalam mencapai cepatnya realiasi APBDes.

Tak lupa, ia juga mengapresiasi tiga desa, yakni Desa Dayak Pitap, Muara Ninian dan Inan yang mendapat pencairan dan pada 28 Januari tadi. “Semoga tiga desa ini menjadi contoh bagi desa lain dalam proses pencairan dana desa,” tandasnya.

Sementara itu, Menteri Desa & PDTT RI, Abdul Halim Iskandar memberikan arahan agar seluruh daerah melaksanakan program padat karya untuk membangun kemandirian desa.

Ia juga berpesan kepada pemerintah daerah dan aparat desa untuk selalu mengawasi penyaluran dana desa agar tepat sasaran dalam percepatan pembangunan desa. “Ingat, selalu hindari penyalahgunaan APBDes,” tekannya.

Reporter: FM Hidayatullah
Editor: Suhaimi Hidayat
Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.