Bupati Batola Diminta Bangun Infrastruktur Jalan di Kuripan

543
Kades Jambu Baru, Kecamatan Kuripan, Wirdansyah. Redkal.com/ Smara Azmi

KabarKalimantan, Banjarmasin – Warga Desa Jambu Baru, Kecamatan Kuripan, Kabupaten Barito Kuala, berkeinginan pemimpin daerah yang baru memperbaiki infrastruktur jalan antar desa di Kecamatan Kuripan, demi menunjang percepatan perekonomian dan meratanya pembangunan di Barito Kuala (Batola).

Kepala Desa Jambu Baru, Wirdansyah, menuturkan akses jalan antar desa di Kecamatan Kuripan belum sepenuhnya baik. Ia mencontohkan kendaraan roda empat dan dua kesulitan menembus wilayah antar desa di kecamatan paling utara Batola itu.

“Kasihan anak-anak yang bersekolah dari desa ke Kabupaten harus menempuh jalur sungai. Perlu biaya besar. Jika jalan bisa diperbaiki, biaya akan murah, bisa menggunakan kendaraan roda dua,” ujar Wirdansyah di sela pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Batola, Noormiliyani-Rahmadian Noor di Gedung Mahligai Pancasila, Kota Banjarmasin, Sabtu (4/11/2017).

Wirdansyah menjelaskan, jalan antar desa di Kecamatan Kuripan tergolong sempit. Ia melihat perlu ada perbaikan dan pelebaran untuk memudahkan aktivitas masyarakat.

Baca Juga :   Bupati Wanita Pertama di Kalsel Resmi Dilantik

Wirdansyah berharap pasangan pemimpin daerah segera merealisasikan jalan penghubung antar desa, khususnya di kecamatan Kuripan. Setelaj ada akses darat yang layak, ia menjamin bisa mempermudah aktivitas warga dan menggerakkan perekonomian.

Sebab, kata dia, pembangunan dan perbaikan jalan harus merata, baik di kota dan desa. Sehingga tidak ada istilah ketimpangan dalam pemerataan pembangunan.

“Pembangunan infrastruktur yang berkualitas akan menciptakan kemakmuran masyarakat,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Tabatan Baru Kecamatan Kuripan, Aspian, menguatkan keterangan koleganya. Menurut dia, satu-satunya akses penghubung paling cepat ke Kuripan lewat jalur sungai.

“Kalau menggunakan roda dua melewati jalan perusahaan sawit sangat susah, apalagi musim hujan tiba, tidak akan tembus,” kata Aspian.

Ia sudah mendengar Pemda Batola mewacanakan pelebaran dan peninggian jalan di Kecamatan Kuripan.

“Kalau tidak salah akan diperbaiki kurang lebih sepanjang 20 Km. Tapi ini hanya penimbunan, perlu waktu lama agar jalan itu bisa benar-benar padat dan bisa dilalui dengan baik,” ucapnya.

Baca Juga :   Penghijauan, Ribuan Pohon Ditanam di Jejangkit

Selain pelebaran dan peninggian jalan, Aspian mengusulkan ada pengerasan jalan, seperti pengaspalan dan penimbunan batu. Ia meminta Bupati Batola yang baru bisa memperjuangkan pembangunan akses jalan di Kuripan.

SMARA AQDIMUL AZMI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here