Ming. Feb 28th, 2021

Bupati Dukung Raperda Inisiatif Dewan Balangan

2 min read

Rapat paripurna DPRD Balangan, Senin (13/11/2017). Istimewa for Redkal.com

KabarKalimantan, Paringin – Pemerintah Kabupaten Balangan mendukung atas delapan buah raperda inisiatif DPRD Balangan. Bupati Balangan Ansharuddin menuturkan pengajuan sekaligus delapan raperda inisiatif ini sebagai yang pertama pernah dilakukan oleh kalangan Dewan.

Menurut Ansharuddin, langkkah itu pertanda produktivitas Dewan yang kian meningkat dengan semangat berlipat untuk memberi yang terbaik bagi daerah maupun masyarakat yang mempercayakan suaranya kepada wakil rakyat.

Dengan begitu, dia melanjutkan, maka inisiatif Dewan bukan hanya berdasar gagasan-gagasan semata para anggota Dewan, melainkan hasil serapan aspirasi masyarakat. Itu sebabnya, delapan raperda sudah semestinya merupakan gambaran dari kehendak rakyat.

“Kami yakin, rancangan peraturan yang disampaikan merupakan bagian dari usaha terbaik kita untuk mengantarkan Banua Sanggam menuju kesejahteraan yang lebih baik,” ujar Ansharuddin.

Lewat raperda, kata Ansharuddin, bisa menjawab dinamika pasang-surut masyarakat. Lebih khusus lagi, dia mengharapkan delapan raperda ini yang kelak menjadi perda sebagai payung hukum semua pihak menjaga potensi-potensi yang ada di Kabupaten Balangan.

”Kita berharap Raperda ini nantinya setelah jadi Perda bisa terus meningkatkan kualitas sumber daya manusia kita, guna menjamin berkelanjutan pembangunan Bumi Sanggam menuju masa depan,’’ tegasnya.

Kedelapan raperda inisiatif dewan yang disampaikan yakni, Raperda tentang Kelembagaan Adat Dayak, Raperda tentang Bantuan Hukum untuk Masyarakat Tidak Mampu di Kabupaten Balangan dan Raperda tentang Wajib Belajar 12 Tahun.

Serta, Raperda tentang Lain-lain Pendapatan Asli Daerah yang Sah, Raperda tentang Pelatihan Kerja dan Produktivitas, Raperda tentang Penyediaan Kebutuhan Dasar dan Rehabilitasi Rumah Korban Bencana, Raperda tentang Pengembangan Prasarana Pertanian dan Raperda tentang Pemberdayaan Masyarakat Bidang Kesehatan dan Perlindungan Tenaga Kesehatan.

Delapan raperda tersebut sangat sejalan dengan visi dan misi Pemkab Balangan, sehingga tidak ada alasan pihaknya untuk tidak menerimanya.

“Ya, kami menerima dan menyetujui raperda-raperda tersebut untuk kita bahas lebih lanjut, agar lebih matang lagi. Usulan raperda-raperda inisiatif ini sangat layak untuk ditindak-lanjuti dengan rapat-rapat kerja dan pembahasan antara legislatif dan eksekutif,” ujar Ansharuddin.

F. M HIDAYATULLAH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.