Rab. Agu 12th, 2020

Bupati Kotabaru Berikan Penyuluhan kepada Petani Desa Pudi Seberang

2 min read

KabarKalimantan, Kotabaru – Bupati Kotabaru H Sayed Jafar Al Idrus didampingi Kepala Dinas Pertanian Kotabaru Hairuddin dan Kabid Pertanian Suzana meninjau areal persawahan di Desa Pudi Seberang, Kecamatan Kelumpang Utara, Kabupaten Kotabaru, Ahad (5/7/2020).

Pada kesempatan itu, Sayed Jafar juga memberikan penyuluhan kepada para petani terkait cara bercocok tanam, dan perawatan padi yang baik dan benar agar dapat menghasilkan panen memuaskan.

“Penyuluhan pertanian yang kami sampaikan kepada para petani di Desa Pudi Seberang ini merupakan upaya untuk mengubah perilaku para petani, agar mereka mengetahui serta mempunyai kemauan dalam meningkatkan hasil pertaniannya,” ungkapnya.

Selain untuk meningkatkan kesejahteraan para petani, lanjut Sayed Jafar, penyuluhan ini juga merupakan salah satu dari program tanam padi 100 hektare untuk menjadikan Kotabaru sebagai daerah lumbung padi.

Maka dari itu, pemerintah daerah perlu memperhatikan para petani agar dalam menanam padinya benar-benar fokus dan menghasilkan padi yang bagus.

“Untuk itu, saya berharap kepada Dinas Pertanian agar benar-benar memberikan bantuan kepada para petani di Desa Pudi Seberang ini. Apalagi selama ini hasil panen mereka dalam satu hektarenya hanya menghasilkan padi sebanyak 2 sampai 2,5 ton saja,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kotabaru Hairuddin mengungkapkan, pihaknya juga memberikan bantuan bibit padi inpari 30 dan 31 sampai dengan saprodinya untuk meningkatkan hasil panen padi di Desa Pudi Seberang ini.

“Ini bertujuan agar hasil panen padi mereka bisa meningkat mencapai 6-7 Ton perhektarenya. Selain itu, kami juga selalu memberikan penyuluhan bagaimana menanam padi yang baik, pemupukan serta pengelolaan areal persawahannya,” jelasnya.

Adapun luas lahan persawahan fungsional di Desa Pudi Seberang tersebut ada sekitar 335 hektare, dan yang sudah tertanam ada sekitar 25 hektare yang merupakan bagian dari program tanam padi 100 hektare yang dicanangkan Pemerintah Daerah Kotabarh.

Reporter: Ardiansyah
Editor: Suhaimi Hidayat
Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.