Bupati Kotabaru Ikut Panen Padi Desa Kulipak

1349

KabarKalimantan, Kotabaru – Bupati Kotabaru H Sayed Jafar Al Idrus hadiri panen raya padi di Desa Kulipak, Kecamatan Pulau Laut Timur, Selasa (9/7/2019).

“Alhamdulillah, panen raya ini tentunya sangat kita syukuri. Sebab, sektor pertanian menjadi prioritas pembangunan di daerah kita ini. Potensi sektor pertanian kita ini masih dapat dikembangkan dan didayagunakan untuk peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat, sekaligus membangun perekonomian daerah,” kata Bupati di sela acara panen padi.

Ia mengatakan, peningkatan produksi tanaman pangan seperti padi menjadi salah satu komoditas unggulan daerah yang terus menerus dikembangkan dan ditingkatkan setiap tahunnya, baik dari segi kuantitas maupun kualitasnya, apalagi kebutuhan pangan meningkat sejalan dengan pertambahan jumlah penduduk.

“Saya mengajak kepada para petani untuk terus bersemangat dan senantiasa mengembangkan ilmu pertanian yang telah dimiliki, hal ini penting dalam rangka meningkatkan hasil produksi pangan, utamanya tanaman padi,” harapnya.

Baca Juga :   Pemkab Kotabaru Dirikan Posko Penggalangan Dana Peduli Korban Gempa

Sementara itu, Plt Camat Pulau Laut Timur Helmi Rahmadi mengungkapkan, pada panen padi optimasi lahan 100 hektare ini terdiri dari tiga kelompok tani, yaitu Kelompok Tani Suka Maju dengan luasan 25 hektare, Tani Maju Bersama 28 hektare dan Tani Anugerah 1 dan 2 seluas 47 hektare. Sedangkan untuk jenis padi yang ditanam varietas IPB3S dengan jangka waktu 115 hari.

“Semoga usaha yang dilakukan kelompok-kelompok tani di Desa Kulipak ini selalu sukses dan lebih maju lagi, sehingga bisa meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani Suka Maju Desa Kulipak Misran mengatakan, untuk tahun 2019 ini hasil panen padi memang sangat meningkat, yang mana pada tahun 2017 dan 2018 dalam 1 hektare tanam hanya menghasilkan sekitar 2,5 ton saja.

“Di tahun 2019 ini hasil panen kami lebih meningkat, dalam satu hektare kami memanen mencapai 4-5 ton,” katanya.

Baca Juga :   Diperlukan Pengawasan Ketat terhadap Keberadaan Orang Asing

Reporter: Ardiansyah
Editor: Suhaimi Hidayat
Penanggungjawab: M Ridha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here