Sen. Agu 3rd, 2020

Bupati Kotabaru Lakukan Panen Raya Padi di Desa Sungai Pasir

2 min read

KabarKalimantan, Kotabaru – Dalam rangka mendukung ketersediaan pangan di masa pandemi Covid-19, Pemerintah Kabupaten Kotabaru melakukan kegiatan peningkatan mutu intensifikasi (agrobisnis padi sawah) seluas 100 Hektare di Bumi Saijaan.

Program peningkatan mutu intensifikasi tersebut disampaikan Bupati Kotabaru H Sayed Jafar saat melakukan panen raya padi sawah di Desa Sungai Pasir, Kecamatan Pulau Laut Tengah, Selasa (30/6/2020).

Panen raya padi sawah kali ini juga turut dihadiri Ketua DPRD Kotabaru Syairi Mukhlis, Danlanal Kotabaru Letkol Laut (P) Guruh Dwi Yudhanto, Kasi intel Kejaksaan Negeri Kotabaru Dwi Hadi Purnama, Asisten Pemerintahan Kotabaru Hariansyah, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kotabaru Hairudin dan sejumlah kepala SKPD lingkup Pemkab Kotabaru lainnya.

“Program 100 Hektare tanam padi di setiap kecamatan di Kotabaru ini akan kami tingkatkan jika hasil panen dalam satu hektarenya paling sedikit sekitar 6,5 Ton. Untuk hari ini, padi yang kami panen seluas 25 hektare milik Poktan Bintang Kejora, Sungai Pasir dengan hasil perhektarnya 6,7 Ton,” kata Sayed Jafar.

Orang nomor satu di lingkungan Pemkab Kotabaru ini mengaku sangat puas dengan hasil panen yang melimpah ruah tersebut. “Hasil panen yang memuaskan ini, jelas sangat membantu kebutuhan pangan warga kita yang terdampak Covid-19,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kotabaru Hairuddin membeberkan, bibit padi yang ditanam  Poktan Bintang Kejora, Sungai Pasir tersebut berjenis inpari 39 yang kami berikan beserta pupuknya.

Tak sekadar pemberian bibit dan pupuknya, lanjut Hairuddin, pihaknya juga memberikan penyuluhan kepada para petani terkait tata cara penanaman bibit padi tersebut agar menghasilkan panen yang memuaskan.

“Sebelum menggunakan bibit inpari 39 ini, produksi padi petani hanya menghasilkan 2-3 Ton saja perhektarenya. Namun, setelah menanam bibit inpari 39 dan cara tanam yang baik, alhamdulillah mampu menghasilkan 6,7 Ton dalam satu hektarenya,” ucapnya.

Reporter: Ardiansyah.

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.