Menu

Mode Gelap

Kotabaru · 21 Des 2017 09:39 WIB ·

Bupati Kotabaru Minta Serapan Anggaran Lebih Efektif


 Penyerahan DIPA di Kotabaru, Rabu (20/12/2017). Istimewa Perbesar

Penyerahan DIPA di Kotabaru, Rabu (20/12/2017). Istimewa

KabarKalimantan, Kotabaru – Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Kabupaten Kotabaru menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) tahun anggaran 2018 dan persiapan pelaksanaan APBN 2018 di Aula Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Kotabaru, Rabu (20/12/2017).

Bupati Kotabaru, Sayed Jafar, mengatakan penyerahan DIPA 2018 merupakan awal dari rangkaian proses pelaksanaan APBD 2018. Menurut dia, DIPA sangat penting dan strategis dalam pelaksanaan pembangunan di kKbupaten kotabaru karena pedoman dan acuan mengenai anggaran setiap SOPD di lingkup Pemkab Kotabaru.

Sayed merespons positif terhadap KPPN Kotabaru yang sudah menyelenggarakan penyerahan DIPA. “Jangan hanya dianggap sebagai kegiatan simbolis saja dan alhamdulillah berjalan dengan lancar,” kata Sayed Jafar

Baca Juga :   Bupati Kotabaru Secara Resmi Buka Turnamen Sepakbola PLB Cup

Ia menambahkan, penyerahan DIPA sebagai bentuk perwujudan kehidupan berbangsa dan bernegara dalam bingkai NKRI. Sayed mengatakan DIPA sebgai instrumen penerima mandat dan kepercayaan dari negara dan rakyat berupa DIPA yang dalam pengelolaannya harus cepat dan tepat sehingga berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi.

“Penyerahan DIPA dimaksudkan agar sejak hari pertama kerja di tahun 2018 mendatang, seluruh SOPD dapat memulai kegiatannya masing-masing untuk mencapai sasaran yang telah ditetapkan,” kata Sayed Jafar.

Baca Juga :   Ini Bukti Nyata Pembangunan Infrastruktur Jadi Prioritas Pemkab Kotabaru

Ia berharap penyerapan anggaran bisa dimulai sejak Januari demi menghindapi penumpukan serapan di akhir tahun sekaligus menggenjot realisasi serapan tahunn 2018. Sebab, kata Sayed, keterlambatan penyerapan berimbas molornya pembangunan di Kotabaru.

Sayed menginstruksikan seluruh pengguna dan pengelola anggaran dapat menggunakan secara efektif dan efisien dalam mencapai target kinerja, menyusun rencana penarikan anggaran, melaksanakan lelang pengadaan barang dan jasa di awal tahun secara transparan sesuai aturan yang berlaku, melakukan monitoring, dan evaluasi penyerapan anggaran.

Baca Juga :   Promosikan Wisata Melalui Trial Game

“Perlu harmonisasi atas regulasi dan birokrasi yang menghambat penyerapan anggaran serta meningkatkan koordinasi SOPD dengan instansi teknis dalam rangka mencari alternatif sumber pembiayaan pembangunan lainnya di luar APBD,” kata Sayed Jafar.

Di sela acara, Bupati Kotabaru, Polres Kotabaru, Pelabuhan Tanjung Batu, dan Kantor Kementerian Agama Kotabaru, turut menandatangani pakta integritas. Pelaksanaan penyerahan DIPA dan ABPN 2018 langsung dihadiri H Sayed Jafar SH, kepala KPPN Kotabaru beserta jajaran dan stafnya, SOPD, instansi vertikal, serta forkopinda atau yang mewakili.

ARDIANSYAH

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Chairil Anwar Laksanakan Reses Tahap III di Kecamatan Pulau Laut Barat

25 November 2021 - 21:46 WIB

Sayed Jafar Berharap Kepengurusan Dekranasda Anyar Mampu Kembangkan Ekonomi Kreatif

25 November 2021 - 21:28 WIB

Sekda Kotabaru Buka Rapat Kerja Optimalisasi Pendapatan Daerah se-Kalsel

25 November 2021 - 16:09 WIB

Ernawati Laksanakan Reses Perdana di Desa Limbungan

24 November 2021 - 21:55 WIB

Kejari Siap Bantu BPN Kotabaru Selesaikan Sengketa Tanah

24 November 2021 - 20:08 WIB

Ruspiandi Turut Bangga atas Raihan LPMP Pemkab Kotabaru

23 November 2021 - 17:22 WIB

Trending di Kotabaru