Jum. Feb 28th, 2020

Bupati Kotabaru Sampaikan Lima Raperda

2 min read

KabarKalimantan, Kotabaru – Sekretaris Daerah Kabupaten Kotabaru H Said Akhmad mewakili Bupati Kotabaru H Sayed Jafar menyampaikan lima buah Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) dalam rapat paripurna DPRD Kotabaru, Senin (10/2/2020).

Pertama, Raperda tentang perparkiran. “Raperda ini bertujuan agar terwujud pelindungan dan kepastian hukum dalam penyelenggaraan perparkiran, agar pelaksanaan perparkiran dapat berjalan tertib, lancar, aman dan terpadu dengan pusat kegiatan dan/atau lalu lintas,” jelasnya.

Kedua, Raperda tentang penyelenggaraan perhubungan. “Berdasarkan UU nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah, pemerintah telah memberikan kewenangan yang luas, nyata dan bertanggungjawab kepada daerah sehingga memiliki peluang untuk secara leluasa melaksanakan kewenangannya atas prakarsa sendiri sesuai dengan kepentingan masyarakat setempat dan potensi setiap daerah,” katanya.

Ketiga, lanjut Said Akhmad, Raperda tentang pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika (P4GN) dan prekursor narkotika. Sebagaimana amanat alinea IV pembukaan UUD 1945, salah satu tujuan negara adalah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, sehingga negara mengemban tugas mulia agar masyarakatnya memiliki kecerdasan secara intelektual, secara emosional, maupun secara spiritual yang selanjutnya diharapkan menjadi modal pembangunan bangsa dan peningkatan kesejahteraan dalam berbagai aspek kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Salah satu upaya konkret dalam mencerdaskan kehidupan bangsa adalah dengan mencegah segala hal ihwal yang menghambatnya, seperti penyalahgunaan narkotika yang sekarang ini menjelma sebagai permasalahan serius negara yang perlu ditangani dan diselesaikan,” terangnya.

Selanjutnya, Raperda tentang pengelolaan kebudayaan. Dijelaskannya, kebudayaan Kabupaten Kotabaru merupakan bagian dari budaya nasional dan sekaligus menjadi aset nasional, yang memiliki nilai dan norma sosial budaya yang melandasi pemikiran dan perilaku warganya.

“Berdasarkan hal tersebut, perlu dilakukan pengelolaan kebudayaan dengan tujuan untuk menyejahterakan masyarakat,” ujarnya.

Dan terakhir, Raperda tentang penyelenggaraan pendidikan. Said Akhmad mengatakan, Pemerintah Daerah Kabupaten Kotabaru sebagai daerah otonom mempunyai kewenangan dalam bidang pendidikan. Kewenangan tersebut juga sejalan dengan visi dan misi Bupati Kotabaru yang salah satu tujuannya adalah meningkatkan kualitas sumber daya manusia. “Ini bertujuan agar SDM Kotabaru memiliki ketahanan mental, spiritual dan fisik agar mampu berperan dan mempunyai daya saing yang tinggi di segala bidang, baik di tataran Provinsi Kalimantan Selatan maupun nasional,” pungkasnya.

Reporter: Ardiansyah

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.