6 Agustus 2021

Bupati Kotabaru Sampaikan Raperda Pertanggungjawaban APBD 2020

2 min read
6

KabarKalimantan, Kotabaru –  Meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualikan (WTP) yang keenam kali berturut-turut dari BPK RI merupakan kado Hari Jadi Kotabaru ke-71.

Hal itu disampaikan Bupati Kotabaru H Sayed Jafar saat penyampaian Raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) TA 2020 dalam rapat paripurna di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kotabaru, Senin (14/6/2021).

Sayed Jafar menjelaskan, dengan selesainya proses audit dan pemberian opini laporan keuangan pemerintah daerah oleh BPK, maka disampaikan kepada DPRD agar bisa melakukan pembahasan untuk bisa dijadikan peraturan daerah dengan hasil audit bisa disempurnakan sesuai amanat dalam pasal 31 ayat 1 undang-undang nomor 17 tahun 2003 tentang keuanga negara.

Baca Juga :   Kisruh Golden Hope, Wartawan Kecewa Tidak Boleh Liputan

“Laporan keuangan adalah wujud tranparansi dan akuntabilitas Pemkab Kotabaru dalam tata kelola pemerintahan yang baik juga implementasi sistem akuntansi keuangan daerah,” kata bupati.

Baca Juga :   M Syarifuddin Kembali Tinjau Fasilitas RS Karantina Stagen Kotabaru

Lebih luas dibeberkannya, tujuan penyusunan laporan keuangan ini adalah untuk memberikan informasi yang relevan mengenai posisi keuangan dan seluruh transaksi yang dilakukan oleh pemerintah daerah selama tahun 2020 yaitu, pendapatan belanja, pembiayaan aset, kewajiban ekuitas dana, dan aliran kas.

“Laporan keuangan ini menerapkan sistem akuntansi berbasis akrual sebagai pelaksanaan peraturan pemerintah nomor 71 tahun 2010 tentang akuntansi pemerintah,” bebernya.

Baca Juga :   Carkubi, Kepala Sekolah Berprestasi dari Pelosok

Sementara itu, Ketua DPRD Kotabaru Syairi Muhlis mengatakan, pihaknya akan mempelajari terlebih dulu apa yang telah disampaikan bupati terkait Raperda untuk bisa dijadikan Perda bersama anggota DPRD.

“Kami akan lakukan pembahasan dan mempelajarinya dulu bersama kawan-kawan di DPRD,” ucapnya.

Reporter: Ardiansyah

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.