Jum. Feb 28th, 2020

Bupati Kotabaru Sokong Pembuatan Kanal di Desa Sarang Tiung

2 min read

KabarKalimantan, Kotabaru – Untuk mempermudah akses para nelayan keluar dan masuk membawa kapal motor dan tidak terhalang hamparan batu karang di sepanjang pantai, warga RT 03, Desa Sarang Tiung, Kecamatan Pulau Laut Sigam, Kabupaten Kotabaru membuat kanal kapal.

Pengerjaan kanal kapal yang sudah berjalan empat hari itu pun mendapat perhatian khusus dari Bupati Kotabaru H Sayed Jafar. Secara langsung, orang nomor satu di Bumi Saijaan bersama jajarannya itu meninjau lokasi pengerjaan kanal tersebut, Kamis (30/1/2020).

Bupati Kotabaru H Sayed Jafar mengatakan, pembuatan kanal kapal ini untuk membantu para nelayan di RT 03 Desa Sarang Tiung ini tetap beraktivitas ke laut walaupun air sedang surut. Dengan adanya kanal ini, tentu saja para nelayan tatap dengan mudah keluar dan masuk membawa kapal hingga sampai ke pinggir dan tidak parkir di tengah laut lagi.

“Kami hanya membantu meminjamkan alat berat untuk nelayan di sini membuat kanal, sedangkan untuk bahan bakarnya dari desa dan nelayan setempat,” ucapnya.

Ia mengatakan, kanal ini tidak hanya dibuat di wilayah Desa Sarang Tiuang saja. “Kanal ini juga akan dibangun di wilayah pesisir Kotabaru lainnya yang memang hamparan karangnya luas dan Panjang,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Urusan Perencanaan Desa Sarang Tiung Bahtiar mengatakan, selama ini para nelayan di sini sangat terganggu dengan adanya hamparan batu karang di sepanjang bibir pantai, dan mereka harus menunggu air pasang terlebih dulu. Sebalikya bila air surut maka kapal terpaksa harus parkir di tengah laut.

“Alhamdulilah, Pemkab Kotabaru mau membantu meminjamkan alat berat dalam pembuatan kanal kapal ini,” ungkapnya.

Bahtiar menjelaskan, pengerukan batu karang untuk pembuatan kanal kapal sepanjang 120 meter dengan lebar 15 meter ini pengerjaannya pun harus menunggu air surut. “Memang, kami hanya minta bantuan pinjam pakai alat dan operatornya saja kepada Pak Bupati, sedangkan bahan bakar dan lain lainnya dari warga sini,” jelas Bahtiar.

Reporter: Ardiansyah

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.