Sab. Sep 19th, 2020

Bupati Kotabaru Tinjau Pabrik Es Nelayan Sinar Empang

1 min read

KabarKalimantan, Kotabaru – Bupati Kotabaru H Sayed Jafar bersama rombongan yang berkunjung ke Kecamatan pamukan Selatan tak hanya meninjau proyek pembangunan jalan di Desa Sukadana.

Namun, orang nomor satu di linkungan Pemerintah Kabupaten Kotabaru itu juga meninjau pabrik es di Desa Rampa Cengan yang dikelola nelayan setempat.

Kelompok Nelayan Sinar Empang, Desa Rampa Cengal, Kecamatan Pamukan Selatan mendapatkan bantuan mesin ice flake atau es serpihan (serut) tersebut dari Kementerian Kelautan Perikanan (KKP) RI.

Dengan adanya mesin ice flake tersebut, secara otomatis para nelayan terbantukan dalam hal mendapatkan es sebagai pengawet ikan hasil tangkapan mereka.

Pabrik es serpihan nelayan tersebut dikelola oleh kelompok nelayan setempat yang bisa menghasilkan 1,5 ton es serut per harinya dengan pemakaian BBM 3 liter per jam. Sementara es yang dihasilkan dijual Rp 3.000 rupiah per baloknya.

Baca Juga :   Upaya Mendongkrak Perekonomian Masyarakat Pedesaan

Bukan hanya mempermudah para nelayan dalam mendapatkan es serpihan untuk mengawetkan ikan hasil tangkapan mereka, namun juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari bantuan tersebut.

Dalam kunjungan kerjanya itu, Bupati Kotabaru H Sayed Jafar bersama rombongan menyempatkan waktu berkeliling untuk melihat langsung keadaan pabrik es tersebut.

Di sela penijauan yang dilakukannya, Bupati Kotabaru H Sayed Jafar menyampaikan, produksi es ini nantinya harus disesuaikan dengan kebutuhan para nelayan setempat agar efektif dan tidak rugi.

“Jangan sampai produksi dengan penjualan nantinya tidak sesuai hingga rugi. Jadi dihitung benar-benar pengeluaran produksinya dan hasil penjualannya,” ujar bupati.

Reporter: Ardiansyah

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.