Bupati : Panwaslu Merupakan Ujung Tombak Keberhasilan Pemilu

214

KabarKalimantan, Batulicin – Kualitas dan kinerja Panwaslu sangat menentukan keberhasilan dan kelancaran pelaksanaan Pemilu.

Maka dari itu, program kerja Panwaslu harus terencana dengan baik dan saling bekerjasama dengan pihak terkait, penuh kehati – hatian maupun bertindak terhadap masyarakat.

Hal ini dikatakan Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming dalam sambutannya melalui Staf Ahli Bupati Bidang Hukum dan Politik H Muhammad Thaha pada acara pelantikan dan pengambilan sumpah anggota Panwaslu desa dan kelurahan dari 10 kecamatan di halaman panggung wisata Kota Pagatan, Kecamatan Kusan Hilir, Jumat (13/4).

Ia juga menilai, kerja Panwaslu tersebut penuh tantangan, sebab kerjanya lebih fokus menjaga marwah demokrasi maupun peningkatan kualitas Pemilu itu sendiri.

“Dengan kerja dan koordinasi yang baik, penuh cermat dan disiplin petugasnya maka segala kendala apapun yang dihadapi dapat teratasi,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Bawaslu Kalsel Iwan Setiawan mengatakan, Panwaslu kelurahan dan desa memiliki tugas yang satu paket dalam perayaan demokrasi tahun depan, yakni Pemilu legislatif, pemilihan Bupati dan Wakil Bupati serta pemilihan Presiden dan Wakil Presiden.

Dia menjelaskan, peran Panwaslu sangat menentukan terpilihnya Bupati, anggota DPR dan DPRD maupun Presiden yang didasari sebuah kejujuran dalam berdemokrasi.

“Kalian harus konsisten dalam tugas, kerena kalian bisa membatalkan para calon bila itu terbukti melanggar aturan pemilihan, untuk itu jaga indepensi sebagai Panwaslu, hindari perbuatan yang dianggap melanggar sumpah sebagai anggota Panwaslu,” terangnya.(advertorial)
SLAMET RIADI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here