Bupati Tanbu Harapkan TPD Kawal Penggunaan Dana Desa

941

KabarKalimantan, Batulicin – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu kembali melaksanakan pelatihan bagi Tenaga Pendamping Desa (TPD) untuk meningkatkan kemampuan dalam mengawal pembangunan desa, Selasa (12/2).

Pelaksanaan pelatihan di Mahligai Bersujud, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu yang dibuka langsung Bupati Tanah Bumbu H Sudian Noor ini diikuti sebanyak 180 TPD.

Dalam sambutannya, Bupati Tanah Bumbu H Sudian Noor mengatakan, pelatihan ini dilaksanakan dalam rangka mengingatkan setiap kebijakan yang dilaksanakan desa agar jangan sampai tidak sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Saya berharap, pelatihan ini harus sering dilaksanakan. Kerena setiap kebijakan yang berlaku harus sesuai dengan keadaan desanya. Maka dari itu, peserta di sini berperan mengawal itu semua,” ucap Bupati.

Ia menjelaskan, pemerintah daerah tidak bermaksud mengintervensi apapun yang dilaksanakan ataupun yang direncanakan desa.

Alasan demikian, lanjutnya, sesuai Perbup yang dikeluarkan bahwa segala prioritas pembangunan berada pada rencana desa masing-masing. Namun mekanisme pengelolaan keuangannya harus sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Sebagai contoh program Pamsimas di sejumlah desa yang tidak berfungsi. Hal ini harus segera dituntaskan agar bantuan pemerintah itu bisa difungsikan,” terangnya.

Maka dari itu, peserta pelatihan diharapkan terus membangun komunikasi dan koordinasi yang efektif dengan semua pihak terkait.

“Hal ini harus berkesinambungan di saat pemerintah desa memanfaatkan dana desa menuju dana yang efektif dan akuntabel,” tutupnya.

Slamet Riadi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here